Jumlah Kartu Kredit Ideal

12 Sep 2017, 14:30

Untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi, Bank pun berlomba-lomba menerbitkan kartu kredit dengan berbagai penawaran menarik. Ada yang membebaskan nasabah dari biaya tahunan, ada yang memberikan hadiah langsung, dan tidak sedikit pula yang memberikan promo di restoran, bioskop, hingga traveling.

Dengan promo-promo ini, tidak heran banyak di antara kita yang tergiur. Hasilnya, tidak hanya satu kartu kredit yang dimiliki. Berdasarkan survei femina, 35% responden ternyata memiliki kartu kredit lebih dari 2. Sepertinya, masing-masing kartu memiliki fungsi berbeda.

Hanya 12% responden, tuh, yang memiliki 1 kartu kredit. Idealnya, memang kita cukup memiliki satu kartu kredit yang berfungsi untuk membantu di kebutuhan darurat. Misalnya, membayar biaya perawatan di rumah sakit jika asuransi tidak menutupi. Memiliki 1 kartu kredit akan meminimalisasi kemungkinan untuk tergoda belanja yang tidak perlu.

Sebanyak 17% responden mengaku punya 2 kartu kredit. Jika Anda termasuk di antaranya, sebaiknya pisahkan kartu untuk kebutuhan darurat dan belanja sehari-hari. Kartu dengan limit lebih banyak untuk emergency, sedangkan yang satunya untuk belanja kebutuhan reguler.

Uniknya, 36% responden belum memiliki kartu kredit. Sepertinya, mereka lebih suka membayar tunai atau debet tiap kali bertransaksi. Ini memang dapat menghindari kita dari belanja berlebihan dan berutang. Anda termasuk kategori ini, atau yang lainnya?

Sumber : femina.co.id/Money/jumlah-kartu-kredit-ideal