Kenali Dulu Polis Asuransi Yang Benar Sebelum Membelinya

05 Jun 2016, 10:00

Polis asuransi merupakan sebuah perjanjian yang dibuat secara tertulis didalam akta untuk pihak yang sudah mengadakan perjanjian. Dalam Akta itulah yang disebut dengan Polis dan akan menjadi tanda bukti dari perjanjian untuk pemegang asuransi serta perusahaan asuransi.

Kemudian klaim asuransi merupakan sebuah permintaan resmi kepada perusahaan asuransi dan untuk mendapatkan pembayaran ada syarat wajib yang harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan perjanjian. Nantinya pengajuan klaim asuransi akan ditinjau terlebih dahulu untuk mendapatkan persetujuan baru kemudian akan dibayarkan.

Sebagian besar orang mungkin telah banyak yang mengetahui istilah pada asuransi yang disebut premi, polis, uang pertanggungan dan ahli waris namun tidak benar-benar memahaminya. Sebenarnya masih ada banyak istilah pada asuransi yang wajib Anda pahami sebelum memutuskan untuk membelinya.

Dalam setiap asuransi polis merupakan sebuah surat perjanjian penting yang wajib dipahami terutama oleh pemegang asuransi.

Polis untuk nasabah asuransi

Akan menjadi bukti tertulis untuk jaminan penggantian kerugian nasabah dan juga untuk bukti dari pembayaran premi pada perusahaan asuransi. Selain itu juga akan menjadi bukti otentik yang bisa membantu pemegang asuransi untuk menuntut perusahaan asuransi jika mereka lalai serta tidak memenuhi perjanjian yang telah disepakati.

Polis untuk perusahaan asuransi

Fungsi polis asuransi untuk perusahaan ini hampir sama, yaitu akan menjadi bukti serta tanda terima pembayaran premi asuransi dari nasabah. Menjadi bukti tertulis penjaminan pada nasabah yang akan digunakan untuk membayarkan ganti rugi. Kemudian juga dapat menjadi bukti otentik untuk penolakan klaim jika nasabah tidak memenuhi persyaratan dalam polis.

Selain itu hal penting yang harus diperhatikan adalah manfaat perlindungan apa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut? Dengan memahami polis asuransi secara benar maka kita dapat mencari perusahaan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita.

askrida | Sumber : http://www.berbagiteknologi.com/3181/kenali-dulu-polis-asuransi-yang-benar-sebelum-membelinya/