Kenali Jenis-Jenis Perlindungan Asuransi Mobil yang Perlu Anda Ketahui

02 Aug 2017, 08:37

Dewasa ini, penggunaan kendaraan pribadi sangat membantu aktivitas Anda yang hidup dengan mobilitas tinggi. Mulai dari eksekutif muda, pebisnis, mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga sekalipun membutuhkan kendaraan pribadi untuk mempermudah rutinitas harian mereka. Apalagi jika Anda tinggal di kota-kota besar yang lalulintasnya tergolong padat.

Anda tentu ingin memastikan mobil Anda mendapatkan perlindungan yang terbaik. Oleh sebab itu, Anda dapat mengasuransikan mobil Anda sebagai langkah investasi masa depan. Mobil yang merupakan salah satu aset jangka panjang tentu akan bisa digunakan lebih lama dan awet jika Anda apik dalam pemakaiannya.

Asuransi mobil sebagai sebuah perlindungan khusus dapat menjamin semua risiko kecelakaan dan kerusakan pada mobil Anda. Jadi sewaktu Anda memiliki asuransi mobil, maka secara otomatis Anda memindahkan risiko kepada pihak perusahaan asuransi. Tentu ini merupakan hal penting bagi Anda yang sangat memerhatikan dan ingin memastikan perlindungan yang terbaik untuk mobil Anda.

Dapat dipastikan tak ada satupun dari kita yang berharap mobilnya mengalami kerusakan atau terlibat dalam bencana kecelakaan. Meski begitu, hal-hal seperti itu terkadang tak dapat dihindari. Bagi Anda yang sedang dalam pertimbangan untuk mengajukan asuransi mobil,mengumpulkan beberapa jenis perlindungan yang bisa Anda dapatkan dari berbagai macam asuransi mobil yaitu:

Tanggungan Kecelakaan (Collision Coverage)

Jenis asuransi Tanggungan Kecelakaan atau Collision Coverage ini akan ditanggung oleh perusahaan asuransi saat Anda berada di dalam mobil yang sedang Anda kendarai, kemudian terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh Anda sendiri.

Untuk kecelakaan yang mengakibatkan mobil mengalami kerusakan teramat parah dan nilai perbaikannya melebihi harga mobil itu sendiri, perusahaan asuransi akan menanggung nilai mobil Anda. Asuransi ini biasanya digandrungi para pemilik mobil kelas mewah, baik itu mobil baru maupun mobil antik yang eksklusif dengan banderol harga yang fantastis.

Tanggungan Komprehensif (Comprehensive Coverage)

Anda dapat menikmati benefit dari jenis asuransi Tanggungan Komprehensif jika contoh kasusnya begini. Misalkan, Anda sedang melakukan perjalanan ke luar kota dengan mobil dan tanpa sengaja menabrak seekor rusa, atau mungkin mobil Anda tertimpa pohon tumbang. Asuransi jenis ini akan mencakup semua jaminan dari keadaan tersebut.

Tanggungan komprehensif disebut-sebut sangat berguna dan cocok bagi Anda yang mungkin saja karena satu dan lain hal harus mengalami insiden seperti di atas. Yang perlu diketahui, asuransi jenis ini memerlukan persiapan dana yang lebih besar bila dibandingkan dengan jenis asuransi yang lain.

Liability Insurance

Agak mirip dengan jenis asuransi collision coverage, jika terjadi kecelakaan mobil yang dikemudikan oleh Anda, maka asuransi liability insurance akan menanggung perbaikan mobil dan kerusakan properti yang disebabkan oleh kecelakaan tersebut. Ini juga meliputi tagihan medis atas cedera dari kecelakaan yang terjadi.

Bagi Anda yang tertarik untuk memilih asuransi ini, disarankan agar membayar biaya di atas jumlah minimum yang ditawarkan. Pembayaran di atas jumlah minimum berguna untuk mencegah Anda mengeluarkan biaya dua kali lebih banyak dari yang pihak perusahaan asuransi berikan, contohnya seperti yang berada di luar pertanggungan dari asuransi.

Motorist Protection

Di Amerika Serikat dan Eropa, jenis asuransi yang satu ini sudah diterapkan. Motorist protection menitikberatkan perlindungan asuransi bagi sang pengemudi kendaraan. Asuransi motorist protection melindungi pengemudi yang mengalami kecelakaan dengan menjamin biaya dari kerusakan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan asuransi jenis ini, sebaiknya bayarlah di atas jumlah minimum. Pasalnya, ada banyak kasus di mana pengguna asuransi jenis ini hanya membayarkan pembayaran minimum saja. Sebagai imbasnya mereka harus membayarkan biaya tambahan lantaran asuransi tak cukup untuk menutupi biaya kecelakaan.

Personal Injury Protection

Asuransi Personal Injury Protection (PIP) ini merupakan perlindungan kecelakaan terhadap diri sendiri. Perusahaan asuransi akan memberikan biaya tambahan sebagai kompensasi atas hal yang menimpa pengemudi dan juga penumpangnya.

Beberapa perusahaan asuransi sudah mulai menyediakan produk asuransi mobil yang mencakup hal ini, namun nyatanya belum banyak negara yang menerapkan jenis asuransi mobil dengan perlindungan dan jaminan yang satu ini.

Sejauh ini, kelima jenis asuransi mobil di atas rata-rata telah diterapkan di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan negara-negara Eropa. Adapun untuk ranah Asia, Jepang dan Korea Selatanlah yang sudah menyediakannya.

Bagi Anda yang berminat untuk mengajukan asuransi kendaraan telusuri dengan teliti produk atau jenis apa saja yang sedang ditawarkan kepada Anda.

Sumber : otomotif.rakyatku.com/read/58531/2017/07/29/kenali-jenis-jenis-perlindungan-asuransi-mobil-yang-perlu-anda-ketahui