Kerap Disepelekan, Tapi Cek Dulu Pentingnya Asuransi Rumah

13 Dec 2016, 08:01

Meski hanya selintas, Anda mungkin sempat bertanya-tanya tentang seberapa pentingnya mengasuransikan sebuah rumah. Nah, biasanya setelah Anda baru beli rumah pertama atau baru saja melunasi KPR (Kredit Pemilikan Rumah), baru Anda akan menyadari bahwa rumah merupakan aset yang berharga.

Berharga bukan hanya dari nilai dan uang yang sudah dikeluarkan saja, tapi juga karena proses yang ditempuh untuk memilikinya juga cukup panjang dan melelahkan. Yang jelas dengan memiliki asuransi rumah akan memberikan sebuah ketenangan atas aset Anda yang paling berharga tersebut.

Dan berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan asuransi rumah.

1. Sebagai syarat pinjaman

Beberapa lembaga keuangan memberikan syarat untuk memiliki asuransi rumah sebelum mengajukan sebuah pinjaman. Lembaga ingin memastikan bahwa pinjaman dapat dilunasi dengan tepat waktu dan rumah yang Anda tempati aman dari musibah seperti kebakaran atau resiko lain.

Sebagai catatan, bisa jadi nilai yang harus dibayar untuk pinjaman menjadi lebih mahal karena ada premi asuransi. Jika memungkinkan, beli asuransi rumah di luar pembayaran cicilan.

2. Melindungi dari tuntutan hukum

Saat ini, banyak asuransi rumah yang juga memberikan perlindungan tidak hanya pada kondisi fisik rumah tetapi juga resiko kecelakaan yang mungkin terjadi di dalam rumah. Manfaat ini juga dapat melindungi Anda dari tuntutan hukum jika ada seseorang yang terluka di rumah.

3. Menghindari resiko kehilangan

Asuransi rumah akan memberikan penggantian atau perbaikan jika rumah mengalami kerusakan akibat kebakaran, angin ribut, gempa bumi, dan bencana alam lain, namun tidak termasuk banjir atau bencana akibat perbuatan manusia. Beberapa asuransi ada juga yang memberikan manfaat untuk melindungi kerusakan akibat sengatan listrik atau kerusakan pipa air.

4. Melindungi nilai rumah

Rumah merupakan salah satu investasi terbesar yang dilakukan seseorang dalam kehidupannya. Ketika melakukan berbagai renovasi, nilai rumah juga akan meningkat. Disinilah asuransi dapat melindungi properti, ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi maka Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan nilai renovasi tersebut.

5. Memberikan tempat sementara ketika bencana terjadi

Perusahaan asuransi juga ada yang memberikan tempat perlindungan sementara ketika bencana alam terjadi. Misal ketika sebuah pohon jatuh dan membuat atap rumah menjadi rusak sehingga penghuninya tidak bisa beristirahat di rumah untuk sementara waktu. Asuransi akan memberikan biaya akomodasi hingga rumah Anda selesai diperbaiki.

6. Melindungi dari perampok dan pencuri

Asuransi juga dapat melindungi dari perampokan atau pencurian di rumah. Jika ada seseorang yang masuk dan mencuri harta benda, asuransi akan menghitung berapa nilai harta yang hilang dan akan menggantinya. Agar proses penggantian berjalan mulus pastikan Anda selalu mencatat seluruh harta benda yang ada di rumah, tidak hanya dalam bentuk dokumen tetapi lengkapi dengan foto serta tanda pembelian. (fir)(rhs)

askrida | Sumber : economy.okezone.com/read/2016/12/07/470/1560793/kerap-disepelekan-tapi-cek-dulu-pentingnya-asuransi-rumah