Kerugian Akibat Bencana Alam Rp22.8 Triliun, Pemerintah Akan Asuransikan Gedungnya

Kerugian Akibat Bencana Alam Rp22.8 Triliun, Pemerintah Akan Asuransikan Gedungnya

08 Oct 2019, 15:24
Kerugian Akibat Bencana Alam Rp22.8 Triliun, Pemerintah Akan Asuransikan Gedungnya

Posisi yang berada di wilayah yang rentan terkena bencana alam (ring of fire), menyebabkan Indonesia mengalami kerugian hingga triliunan Rupiah dalam setiap tahunnya.

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, kerugian mencapai Rp22,8 Triliun.

“Seperti kita ketahui Indonesia saat ini terletak di ring of fire atau rentan bencana alam. Ini beri imbas cukup besar, sekitar Rp 22,8 Triliun atau setara US$ 1,4 miliar ke perekonomian kota akibat bencana alam,” ujar Sri dalam acara di Hotel Pullman, Kamis (3/10/2019) siang.

Menurut Sri, potensi kerugian akibat bencana alam juga semakin naik setiap tahunnya. Konsekuensinya, Anggaran Belanja Negara juga meningkat untuk perbaikan akibat bencana alam ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah membutuhkan asuransi untuk bangunan, agar tidak hanya mengandalkan anggaran untuk perbaikan setiap tahunnya.

“Karena saat ini, asuransi untuk bangunan di Indonesia masih sangat rendah. Asuransi juga dibutuhkan agar pembiayaan untuk perbaikan akibat bencana alam tidak hanya mengandalkan pemerintah pusat saja. Tapi daerah juga bisa membiayai sendiri. Agar negara bisa tingkatkan daya tahannya,” kata Sri.

Selain itu kepemilikan asuransi di Indonesia masih rendah, sehingga ini tanggung jawab supaya ini bisa di cover tidak hanya tanggung jawab pemerintah memulihkannya.

Dia menambahkan, mulai tahun akhir tahun ini pemerintah mulai mengasuransikan bangunannya yang dimulai dari gedung kementerian keuangan dulu.

“Dan 2020 akan kita mulai asuransikan gedung-gedung yang dikelola pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Ini langkah awalnya, untuk nantinya semua gedung pemerintah bisa diasuransikan,” kata dia.

Sumber : celebestopnews.com/ekonomi/2019/10/kerugian-akibat-bencana-alam-rp22-8-triliun-pemerintah-akan-asuransikan-gedungnya