Keterikatan Industri Asuransi terhadap Perbankan Meningkat

12 Dec 2015, 07:00

Jakarta - Sampai semester I-2015, penempatan dana untuk industri perasuransian mencapai Rp 383 miliar, naik 14,39% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan ini terjadi karena kenaikan penyertaan bank kepada asuransi sebesar Rp 389 miliar atau naik 19,76% year on year, seperti dilansir dari buku Kajian Stabilitas Keuangan yang diterbitkan BI pada September 2015.

Peningkatan tidak hanya terjadi dari sisi penempatan perbankan di industri asuransi, namun juga dari pendanaan. Dana pihak ketiga (DPK) dan surat-surat utang bank yang dimiliki asuransi masing-masing naik 6,23% dan 11,25%.

"Peningkatan ini menunjukkan keterikatan antara industri dan perbankan yang makin meningkat sehingga perlu diwaspadai potensi risiko jka terjadi masalah di antara satu pihak," seperti tertulis di dalam buku tersebut.

Berdasarkan kelompok BUKU, BUKU 1 memiliki keterikatan paling besar dengan asuransi khususnya dari sisi pendanaan. Ketergantungan BUKU I terhadap dana dari asuransi meningakt karena naiknya DPK dan kepemilikan surat-surat utang oleh asuransi.

Sumber: http://www.beritasatu.com/ekonomi/330492-keterikatan-industri-asuransi-terhadap-perbankan-meningkat.html