Klaim diprediksi turun, laba asuransi umum terjaga

21 Dec 2015, 08:05

JAKARTA. Industri asuransi umum berharap banyak pada kondisi bisnis di kuartal empat ini. Momen penghabisan tahun menjadi waktu bagi pelaku usaha untuk menggenapkan target laba.

Kepala Bidang Departemen Komunikasi dan Statistik Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Dadang Sukresna mengatakan, salah satu kesempatan yang bisa dimanfaatkan pemain asuransi umum adalah potensi turunnya rasio klaim yang ditanggung industri di tiga bulan terakhir 2015 ini.

Potensi turunnya claim ratio di triwulan keempat ini didorong oleh potensi pertumbuhan premi yang lebih tinggi dibanding kuartal-kuartal sebelumnya. Di sisi lain sejumlah pembayaran klaim sudah dicicil sejak awal tahun.

Hal ini berbeda dengan kondisi sebelumnya dimana rasio klaim menunjukan preningkatan dari 48% di kuartal kedua menjadi 51,7% di triwulan ketiga. Membengkaknya klaim pada periode tersebut berbanding terbalik dengan penerimaan premi yang mengalami perlambatan.

"Di kuartal terakhir ini rasio klaim diprediksi turun lagi ke kisaran 45%," kata Dadang belum lama ini.

Dengan potensi beban klaim yang menurun ini, hasil underwriting yang bisa dikantongi pelaku usaha juga berpotensi lebih tebal. Alhasil kinerja bottomline perusahaan asuransi umum juga masih bisa mencatatkan pertumbuhan dibanding tahun sebelumnya.

Meski ia juga mengakui penurunan rasio klaim ini juga memiliki tantangan dari nilai tukar mata uang terhadap dolar yang masih tinggi. Pasalnya sejumlah komponen untuk memenuhi liabilitas klaim masih harus didatangkan dengan cara diimpor.

Sumber: http://keuangan.kontan.co.id/news/klaim-diprediksi-turun-laba-asuransi-umum-terjaga