Klaim Harta Benda Akibat Gempa Bumi

Klaim Harta Benda Akibat Gempa Bumi

12 Aug 2019, 16:35
Klaim Harta Benda Akibat Gempa Bumi

Mengutip laman resmi AAUI, asuransi gempa bumi adalah asuransi yang menjamin kerugian atau kerusakan harga benda atau kepentingan yang dipertanggungkan secara langsung disebabkan oleh bahaya gempa bumi, letusan gunung berapi, kebakaran, dan ledakan yang mengikuti terjadinya gempa bumi dan letusan gunung berapi, dan tsunami.

Dalam asuransi gempa bumi, objek yang bisa diasuransikan biasanya berupa bangunan sekaligus isinya. Sebagai contoh, jika suatu rumah yang diasuransikan dalam asuransi gempa bumi, artinya seluruh barang yang ada di dalam bangunan itu bisa menjadi objek asuransi.

"Kalau rumah ya perabotan itu juga akan ditanggung oleh perusahaan asuransi, lalu kalau pabrik ya bahan mentah atau setengah jadi di dalamnya ikut ditanggung. Intinya bangunan dan isi," katanya.

Sementara, Dody menyebut beberapa perusahaan asuransi juga menanggung kerusakan kendaraan bermotor yang berada di dalam bangunan yang rusak akibat gempa. Namun, masyarakat harus cermat dan teliti terhadap setiap produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.

"Kadang ada perusahaan asuransi yang masukin juga pertanggungan untuk kendaraan," tutur dia.

Sementara, beberapa perusahaan asuransi juga membedakan produk untuk kendaraan bermotor dan kerusakan kendaraan bermotor akibat gempa bumi. Umumnya, harus ada premi tambahan demi mendapatkan pertanggungan akibat gempa.

"Kalau properti harus ditambah dengan asuransi PSAGBI, kalau kendaraan ditambah dengan klausul gempa. Jadi tambah premi,"pungkasDody.

Sumber : cnnindonesia.com/ekonomi/20190803161856-78-418106/upaya-klaim-harta-benda-yang-rusak-akibat-gempa-bumi