KPI

04 Jul 2018, 12:50

KPI, KPI memang apa sih KPI? Koq heboh banget bahkan sampai ada resistensi seolah-olah KPI itu monster seram dan menakutkan yang akan memangsa orang per orang. KPI merupakan singkatan dari key performance indicator adalah indikator utama (baik finansial maupun non finansial) yang dimiliki oleh perusahaan yang digunakan sebagai alat untuk mengukur dan memastikan apakah target-target yang diberikan oleh perusahaan kepada setiap individu/karyawan telah tercapai. Analoginya, KPI seperti layaknya rapor atas kinerja setiap murid yang diberikan oleh guru atas PR, ujian atau kehadiran telah diselesaikan dengan baik dan sesuai tengat waktu yang telah diberikan sebelumnya. Lebih simpelnya, KPI akan memberikan rapor kepada setiap karyawan atas kinerja masing-masing secara obyektif dan terukur. Ketika perusahaan menetapkan visi dan misi serta menjabarkan target dan tujuan, diperlukan alat ukur yang mencerminkan progres pencapaian kinerja, itulah yang disebut dengan KPI. Artinya untuk kedepan tidak ada lagi nilai yang kembar antara yang bekerja sungguh-sunguh dengan yang bekerja sambil main game atau ngobrol dari pagi sampai sore. Sehingga KPI setiap divisi, setiap bagian, setiap seksi baik di kantor pusat maupun kantor operasional KPI bahkan setiap Job Position akan berbeda-beda, tergantung dari tujuan utama dan tujuan strategisnya masing-masing. Sehingga dengan sifatnya yang kuantitatif, KPI dapat membantu perusahaan dan unit kerja untuk memastikan sudah sejauh mana target dan sasarannya sudah tercapai. Didalam KPI nantinya juga terdapat KBI (Key Behavior Indicator), indikator untuk menilai karyawan berdasarkan pada perilaku masing-masing individu yang lebih bersifat kualitatif.

Ada 2 tipe untuk pengukuran kinerja, yaitu indikator lead dan lag. Indikator lead yaitu indikator yang menunjukkan apakah proses - proses selama ini telah berjalan dengan baik? Apakah tantangan yang akan terjadi pada perusahaan? Apakah masalah yang akan terjadi diperusahaan ? semua hal ini akan diinformasikan oleh indikator lead. Indikator lag yaitu indikator yang mencerminkan semua proses – proses yang telah terjadi pada perusahaan. Semua pencapaian yang terjadi sebelumnya pada perusahaan akan di informasikan oleh indikator lag ini. Indikator lag ini dapat membantu manajemen untuk melakukan review atau mengevaluasi kekurangan – kekurangan sebelumnya. Tanpa adanya indikator lead kita tidak dapat mengetahui proses apa saja yang akan dihadapi oleh perusahaan begitu juga tanpa adanya indikator lag maka kita tidak mengetahui hasil dari proses – proses yang telah dihadapi oleh perusahaan.

Pada umumnya perusahaan membagi KPI yang menjadi arah bisnis dalam 4 kelompok yaitu:

1. Mengukur dan Memahami Pelanggan

Pelanggan adalah pengguna dari produk dan layanan perusahaan dalam hal ini tertanggung Askrida.  Tertanggung yang diharapkan adalah pelanggan yang setia dan menguntungkan. Mereka adalah riset terbaik bagi perkembangan produk dan layanan Askrida. Inilah mengapa salah satu KPI utama bagi banyak perusahaan adalah memahami dan mengukur pelanggan mereka istilah kerennya benchmarking.

2. Mengukur dan Memahami Kinerja Finansial

Bisnis yang tidak mencetak keuntungan atau tidak memberikan imbal balik positif, maka dapat diasumsikan gagal. Bisnis yang jelek harus dievaluasi dan direview lebih mendalam apakah akan dilanjutkan atau distop/cut lossKPI Kinerja Finansial adalah barometer penting lainnya yang menjadi dasar kerja perusahaan. Jika pertumbuhan finansial cenderung negatif dan biaya lebih tinggi daripada pendapatan maka perusahaan harus berani mengambil keputusan walaupun mungkin tidak popular.

3. Mengukur dan Memahami Proses Internal

Right Process will bring Great Result, berorientasi pada hasil adalah benar adanya namun menghargai proses akan semakin sempurna. Saat ini sudah bukan jamannya menjalankan bisnis yang tabrak aturan, sekarang eranya menjalankan bisnis yang compliance atau taat aturan/regulasi. Proses yang Baik dan Benar, maka hasilnya akan baik dan benar pula.  Proses internal adalah titik awal dalam manajemen strategi perusahaan untuk membangun bisnis yang berkelanjutan.  Tanpa adanya KPI, maka bisnis akan berjalan sembarangan.

4. Mengukur dan Memahami Karyawan

Karyawan (yang produktif) adalah aset utama suatu bisnis walaupun atas nama perkembangan teknologi, beberapa fungsi kerja telah digantikan oleh sistem aplikasi. Agar tetap menjadi aset utama perusahaan maka karyawan harus membekali diri dengan KPI diri yang melekat dalam keseharian mereka.  KPI mengenai karyawan sangat penting bagi perusahaan karena hubungan karyawan dan perusahaan dapat dikatakan bersimbiosis mutualisme.

KPI berfungsi sebagai rambu harus mampu mengukur hal-hal penting.  Oleh karena itulah KPI merupakan turunan dari strategi bisnis. Pengembangan KPI harus dimulai dari Corporate Strategic Planning atau sering disebut roadmap yang tujuan akhirnya agar perusahaan tetap tumbuh dan bagi karyawan, tujuan KPI dalam perusahaan adalah sebagai alat untuk mengembangkan potensi yang terpotret dalam RPI (Rencana Pengembangan Individu).arsamodra -

* Disarikan dari beberapa sumber