Kunjungan DJKP Berkah Bagi Nelayan Papua

28 Feb 2018, 08:07

Direktur Pelabuhan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Frits Penehas Lessnusa mengunjungi Kabupaten Merauke, Papua. Para Nelayan di Papua Khususnya Kabupaten Merauke mendapat Perhatian Penuh dari Pemerintahan Jokowi melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, hal ini terlihat dari kunjungan Direktur Pelabuhan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Frits Penehas Lessnusa di Kabupaten Merauke, Papua. Pada Jumat, (2/2/18).

Dalam kunjunganya tersebut para Nelayan di Kabupaten Merauke diberi berbagai bantuan dan dapat memberikan saran, serta masukan kepada Pihak Berwenang di Perairan Kabupaten Merauke dalam hal Pelayanan para Nelayan Merauke, kegiatan berlangsung Jumat (2/2/18) mulai dari pagi hari hingga Sore bertempat di Pelabuhan Perikanan Merauke, Papua.

Adapun berbagai bantuan yang diberikan diantaranya, Premi Asuransi sebesar 8.928, Fasilitas Permodalan Usaha Penangkapan yang bekerjasama dengan salah satu bank di Indonesia untuk 180 Nelayan dengan Nilai Kredit berjumlah Rp. 14,87 Miliar, kemudian lanjutan Pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SPKT) Merauke dengan pembiayaan sebesar Rp. 41,508 Miliar dan para nelayan juga diberi Puluhan Paket Bantuan Alat Tangkap, selain bantuan diberi untuk Kabupaten Merauke sendiri Kabupaten Lainya di Papua juga diberikan Bantuan Premi Asuransi Nelayan di Papua dengan Total 8.928 Nelayan. yakni Kota Jayapura 1.000 Nelayan, Kabupaten Biak Numfor 801 Nelayan, Kabupaten Jayapura sebanyak 838 Nelayan, Kabupaten Merauke 900 Nelayan, Kabupaten Mimika, 750 Nelayan, Kita Nabire sebanyak 1.000 Nelayan, Kabupaten Yapen Waropn sebanyak 400 Nelayan, Kabupaten Mappi Sebanyak 200 Nelayan, Kabupaten Asmat sebanyak 600 Nelayan, Kabupaten Waropen sebanyak 1.000 Nelayan, Kabupaten Supiori 500 Nelayan serta Kabupaten Sarmi sebanyak 500 Nelayan.

Berbagai bantuan tersebut diberikan secara simbolis kepada 9 Perwakilan Nelayan dimerauke berupa Kartu Asuransi.

Usai memberikan berbagai bantuan secara simbolis Para Nelayan se Kabupaten Merauke duduk bersama dengan Frits P. Lessnusa, Direktur DJTP Kementerian dan Perikanan RI, F. S Motte Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua sekaligus mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, S. ip, Soelaiman Hamzah Anggota Komisi IV DPR-RI, Perwakilan Lantamal XI, Kasatpol Air Merauke, dan Seluruh Stakeholder yang Memiliki Wewenang di Perairan Merauke, Papua. Dalam jumpa bersama tersebut para Nelayan terlihat memberikan Kritik, Saran, bahkan berbagai Keluhan yang selama ini dihadapi Para Nelayan di Perairan Kabupaten Merauke. Papua. Dan dicatat Oleh Direktur dan Para Narasumber yang dihadirkan.

Selanjutnya Pemotongan Pita untuk meresmikan Berbagai Bangunan baru untuk Pelayanan Kelautan dan Perikanan dilakukan Oleh Anggota DPR-RI Komisi IV Soelaiman Hamzah. dan mengawal Direktur bersama Rombongan meninjau Pelabuhan dan kapal-kapal yang ada di Pelabuhan Perikanan Merauke.

Frits P. Lessnusa, Direktur DJTP Kementerian dan Perikanan RI, mengatakan akan terus memantau Perkembangan Nelayan di Kabupaten Merauke dan menganggap Saat ini Para Nelayan di Merauke selangkah lebih maju dari Daerah lainnya.

"Para Nelayan di Merauke sudah bagus, mereka sudah memiliki kreativitas masing masing maupun perkelompok, tinggal kita dukung dan atasi apa keluhan mereka,"  terang Direktur.

Lanjut dikatakan, "Kami akan memantau terus perkembangan Para Nelayan di Papua untuk bersama memajukan Perekonomian melalui Kelautan dan Perikanan di Indonesia" tutupnya.

Sumber : mitrapol.com/2018/02/kunjungan-djkp-berkah-bagi-nelayan-papua