Langkah ampuh sebelum ajukan asuransi kendaraan

25 Aug 2017, 16:38

Mungkin ada kalanya ketika kita memarkir kendaraan di pinggir jalan untuk membeli makanan ternyata ada pengemudi lain yang ceroboh membuat bemper kendaraan kita penyok. Kita yang lagi tidak sadar dengan kejadian tersebut malah langsung ditinggal melarikan diri tanpa adanya niat baik untuk melakukan perbaikan. Walhasil kita lah yang harus melakukan perbaikan sendiri. Dan tentu saja biaya untuk perbaikan keluarnya juga lumayan.

Jika kita memiliki polis asuransi, maka ketika ada kejadian yang demikian tentu saja kita akan tenang-tenang saja. Asuransi kendaraan memang dapat menjadi perlindungan ekstra bagi mobil kita dari kemungkinan-kemungkinan yang dapat menimpa kendaraan kita.

Mungkin Anda baru saja hendak beli polis asuransi kendaraan all risk online. Kami punya beberapa langkah ampuh yang layak Anda simak sebelum mengajukan asuransi kendaraan, antara lain:

Mengerti kebutuhan Anda

Sebelum memutuskan untuk mengajukan polis asuransi, pahami terlebih dahulu akan asuransi yang bagaimana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Jenis asuransi kendaraan sendiri terbagi menjadi dua jenis, all risk dan total loss only.

Asuransi all risk memberikan perlindungan lebih menyeluruh bagi kendaraan dibandingkan dengan asuransi total loss only yang hanya mengcover kerusakan yang sangat berat saja. Nilai premi asuransi all risk yang akan memberikan lebih banyak perlindungan juga lebih mahal dan mungkin dapat memberatkan keuangan Anda.

Lakukan perbandingan beberapa produk asuransi

Banyak sekali produk asuransi ditawarkan. Bijak dalam memilih asuransi kendaraan dengan melakukan perbandingan beberapa asuransi kendaraan. Selain besarnya premi asuransi dan apa saja perlindungan yang ditawarkan, lakukan pula beberapa survei tentang sepak terjang perusahaan yang mengeluarkan asuransi dalam menangani klaim asuransi yang diajukan oleh para nasabahnya. Survei dapat dilakukan dengan bertanya kepada orang-orang yang telah memiliki polis asuransi atau mencari tahu komentar-komentar di forum otomotif.

Cari penawaran terbaik

Anda juga harus lebih aktif untuk mencari beragam penawaran ekstra yang ditawarkan pihak asuransi seperti potongan harga/diskon. Dengan adanya diskon maka premi asuransi yang Anda pilih tidak lagi terlalu memberatkan keuangan Anda.

Pahami beragam faktor yang dapat mengurangi nilai premi asuransi. Terlebih dengan adanya sistem anti maling, adanya bantalan udara yang bekerja ketika mobil mengalami benturan, kunci anti maling yang terinstall pada mobil Anda dapat mengurangi besarnya nilai premi asuransi.

Pertimbangkan pula untuk perluasan perlindungan asuransi

Perluasan asuransi memungkinkan mobil lebih terlindungi ketika kerusakan terjadi tidak disebabkan oleh kecelakaan. Banyak sekali jenis perluasan asuransi, seperti perlindungan mobil dari resiko kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam, aksi kerusuhan demo dan jenis perluasan lain. Anda dapat memilih perluasan asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dimana tempat tinggal Anda.

Yang perlu Anda pahami adalah dengan melakukan perluasan asuransi maka nilai premi asuransi juga akan meningkat. Semakin banyak perluasan asuransi yang Anda lakukan maka nilai premi juga semakin meningkat namun perlindungan yang diberikan juga semakin menyeluruh.

Jujur dengan data yang Anda berikan

Besarnya premi asuransi dipengaruhi oleh nilai IDV (Insured Declared Value). Gampangnya IDV adalah nilai premi asuransi berdasarkan harga mobil yang hendak diasuransikan. Nilai IDV yang tinggi akan membuat nilai premi asuransi yang mesti dibayarkan juga akan tinggi dan sebaliknya jika nilai IDV rendah maka premi asuransi yang mesti dibayarkan juga akan rendah.

Agen asuransi yang membimbing Anda memilih asuransi mungkin dapat saja menyarankan untuk menurunkan nilai IDV sehingga premi asuransi yang mesti Anda bayarkan juga akan turun.

Hal tersebut terlihat memberikan keuntungan bagi Anda, namun realitanya malah akan merugikan Anda. Dengan nilai premi yang dibayarkan menjadi lebih rendah, maka pertanggungan pihak asuransi dalam mengganti rugi kerusakan yang mungkin dapat terjadi pada mobil Anda juga akan semakin kecil. Untuk itu, lebih baik jujur dalam memberikan data mobil yang hendak diasuransikan.

Asuransi kendaraan memang cukup menjamin perlindungan bagi kendaraan dan juga pengemudi. Meskipun demikian, Anda tetap harus selalu berhati-hati ketika mengemudi. Lakukan klaim asuransi jika memang benar-benar dibutuhkan. [hrs]

Sumber : merdeka.com/otomotif/langkah-ampuh-sebelum-ajukan-asuransi-kendaraan