Langkah - Langkah Sebelum Membeli Asuransi Rumah

10 Nov 2016, 15:41

Hal pertama dan paling utama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan riset menyeluruh terhadap rumah Anda. Hal itu terkait asuransi yang Anda butuh.

Tentu saja konyol jika Anda tinggal di daerah pegunungan, tetapi memproteksi rumah dari ancaman banjir. Untuk itu Anda perlu mempelajari rumah Anda secara mendetail, termasuk jumlah pertanggungjawaban yang akan Anda terima.

Berikutnya,ketahui valuasi atau nilai rumah Anda. Perkirakan jumlah yang diperlukan untuk membangun ulang rumah Anda pascabencana terjadi.

Hal itu tidak hanya mencakup bangunan, melainkan juga perabotan-perabotan yang ada di dalamnya. Jika dirasa sulit, Anda dapat meminta bantuan jasa kontraktor untuk mengevaluasi dan melakukan perhitungan.

Anda pun harus jeli terhadap keuntungan yang Anda dapatkan dari polis asuransi Anda. Biasanya, penyedia asuransi memberikan potongan harga yang besar apabila Anda membeli sejumlah polis sekaligus.

Anda juga bisa meningkatkan jumlah tanggungan sendiri (deductibles) untuk mendapatkan diskon lebih besar. Artinya, Anda membayar pengeluaran setelah itu pihak penyedia asuransi yang mengurus sisanya.

Untuk memilih perusahaan penyedia asuransi, Anda perlu mencari perusahaan yang kredibel dan bermutu tinggi.

Biasanya, perusahaan yang kredibel sudah punya nama dan dikenal oleh masyarakat luas. Jika masih ragu, Anda perlu meminta saran dari ahli atau karib kerabat Anda.

Terakhir, perhatikan saat mendapatkan perjanjian tertulis. Baca dengan saksama, jika perlu sampai mendetail mencakup segala bentuk kerusakan yang ditanggung oleh pihak penyedia asuransi.Foto: Pixabay- Rina Susanto

askrida | Sumber : www.rumah.com