Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Saat Ketinggalan Pesawat

28 May 2019, 14:04

Ketinggalan pesawat adalah sebuah kejadian yang tidak diharapkan oleh semua orang, meskipun kenyataannya ada saja yang tidak bisa menghindari 'musibah' ini.

Sayangnya peluang untuk bertemu dengan situasi ini semakin besar menjelang libur lebaran, karena bandar udara menjadi padat oleh penumpang ataupun pengantar.

Namun jika hal ini menimpa seseorang dalam perjalanan biasanya responnya hanya sekadar pasrah atau marah-marah, padahal ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki situasi ini.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan saat ketinggalan pesawat:

Menghubungi agen perjalanan

Jika membeli tiket melalui agen perjalanan, langkah yang harus dilakukan saat ketinggalan pesawat adalah segera hubungi agen perjalanan. Jelaskan dengan gamblang terkait kronologis ketinggalan pesawat dan cobalah minta tiket pengganti. Biasanya jika alasan ketinggalan pesawat bukan karena kesalahan diri sendiri, maka tiket pengganti bisa diberikan.

Kunjungi gerai maskapai di bandara

Apabila tidak membeli tiket melalui agen perjalanan, maka segera menuju gerai penjualan tiket yang dioperasikan oleh maskapai untuk membeli tiket baru. Ada beberapa maskapai yang menyediakan slot khusus dalam penerbangan selanjutnya untuk penumpang yang ketinggalan pesawat, dengan harga yang lebih murah.

Beli tiket pengganti sesegera mungkin

Jika kesalahan sepenuhnya terletak pada penumpang, misalnya ketiduran atau lainnya, maka hal yang dilakukan adalah membeli tiket baru sesuai dengan harga normal. Hal ini karena pihak agen perjalanan atau maskapai tidak bisa mentolerir kejadian seperti ini. Itu sebabnya asuransi perjalanan menjadi penting karena biasanya hal-hal seperti ini termasuk dalam jangkauan asuransi, khususnya untuk rute internasional.

Sumber : cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190522172932-269-397513/langkah-langkah-yang-harus-dilakukan-saat-ketinggalan-pesawat