Lima Kiat Jitu memilih Asuransi Rumah Terbaik

18 Feb 2016, 09:35

JAKARTA - Beberapa orang berpendapat bahwa membeli sebuah rumah hampir sama sulitnya dengan menjaganya setelah kita memilikinya. Banyak biaya dan pengeluaran yang harus kita perhitungkan di dalam memiliki sebuah rumah, salah satunya adalah biaya perawatan dan pemeliharaannya yang jumlahnya tidak kecil.

Salah satu hal yang paling penting untuk menjadi perhatian kita setelah memiliki sebuah rumah adalah membeli asuransi sebagai bentuk perlindungan terhadap aset tersebut. Hal ini akan membantu kita untuk memperkecil kerugian yang timbul akibat berbagai macam hal yang tidak diinginkan terhadap rumah yang kita miliki.

Saat ini ada banyak perusahaan asuransi yang memberikan produk asuransi properti di dalam layanan mereka Tentu bukan hal yang mudah untuk menentukan dan memilih asuransi yang bisa kita gunakan pada properti kita, karena itu cermati beberapa langkah di bawah ini sebelum memutuskan dan memilih asuransi bagi properti kita:

Lakukan Perbandingan

Jangan pernah terburu-buru di dalam mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk asuransi karena ada banyak perusahaan asuransi dengan beragam penawaran menarik yang bisa kita jadikan sebagai pilihan. Lakukan perbandingan antara beberapa perusahaan asuransi yang menurut kita paling bagus, atau kita juga dapat menanyakan pendapat dari teman atau keluarga yang telah memiliki pengalaman terkait dengan asuransi properti tersebut.

Bila kita tidak memiliki waktu untuk mendatangi kantor perusahaan asuransi, maka tidak ada salahnya kita melakukan perbandingan tersebut secara online melalui website resmi mereka.

Pilih Polis yang Tepat

Pada praktiknya, asuransi properti tidak hanya akan digunakan untuk melindungi dan mengganti sejumlah kerugian yang timbul akibat kasus bencana, kebakaran, dan lainnya. Namun sepatutnya asuransi properti juga harus bisa digunakan untuk memperbaiki, merombak atau merenovasi rumah setelah terjadinya bencana. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa, biaya renovasi rumahyang dikeluarkan pasca bencana juga harus tertera di dalam polis asuransi yang kita miliki.

Contoh, bila di dalam sebuah bencana kebakaran properti kita mengalami kerusakan total dan barang-barang berharga di dalam rumah juga ikut musnah dalam kejadian tersebut, maka kita harus bisa melakukan klaim atas kerugian yang timbul sesuai dengan cakupan polis yang telah kita ambil, dan mendapatkan sejumlah uang tambahan sebagai biaya membersihkan puing-puing dan perbaikan.

Pilih Cakupan yang Memadai

Sangat penting untuk selalu memperhatikan nilai cakupan pertanggungan yang akan diberikan oleh perusahaan asuransi kepada kita, bila sewaktu-waktu terjadi bencana atau hal-hal yang tidak diinginkan terhadap properti yang kita miliki. Contoh, sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi properti, kita harus mengetahui karakteristik umum yang biasa terjadi di sekitar lokasi properti kita. Bila ternyata properti kita berada di wilayah yang rawan banjir, maka membeli asuransi banjir menjadi wajib dan hal prioritas di dalam asuransi yang akan kita pilih nantinya.

Cermati Rasio Penyelesaian Klaim Perusahaan Asuransi

Saat akan mengambil keputusan untuk memilih perusahaan asuransi yang akan kita pakai, maka tidak ada salahnya kita melakukan penelusuran terhadap riwayat penyelesaian klaim yang dilakukan oleh perusahaan asuransi tersebut. Kita bisa menggunakan salah satu cara yang paling mudah dan paling efektif, yaitu dengan menelusuri forum diskusi online serta bertanya langsung ke perusahaan asuransi bersangkutan untuk mendapatkan informasi komprehensif.

Jangan memilih sebuah perusahaan asuransi hanya karena tergoda oleh tawaran nilai premi yang rendah. Perlu untuk selalu diingat bahwa asuransi properti akan melibatkan sejumlah besar uang kita, karena itu kita harus ekstra hati-hati saat memilih perusahaan asuransi yang akan kita gunakan.

Pahami Polis dengan Teliti

Ada banyak kata di dalam polis asuransi yang bagi sebagian besar orang akan sulit untuk dipahami, karena itu bila ada poin yang tidak kita mengerti dengan jelas, maka sebaiknya kita menanyakannya kepada pihak perusahaan asuransi yang kita pakai.Hal ini akan mencegah terjadinya salah penafsiran yang mungkin saja akan berujung pada kerugian yang harus kita tanggung di hari yang akan datang.

Cermati dan pahami dengan benar isi keseluruhan polis dan segera lakukan perbaikan bila terdapat kesalahan ejaan ataupun perbedaan nama, alamat, dan yang lainnya. Hal ini akan menghindarkan kita dari kesulitan melakukan klaim di hari yang akan datang.

Jadi, Tertarik Beli Asuransi Rumah?

Sekarang tinggal Anda yang menentukan apakah mau menggunakan asuransi rumah atau tidak. Namun, bila ingin memilikinya, lakukan sesuai dengan urutan di atas. Jangan terburu-buru dalam memilih, karena setiap perusahaan selalu memiliki perbedaan cakupan perlindungan satu sama lain.

(amr)
Sumber: http://economy.okezone.com/read/2016/02/16/470/1313243/lima-kiat-jitu-memilih-asuransi-rumah-terbaik