Lima Langkah Pilih Bengkel Mobil yang Diklaim Asuransi

29 Feb 2016, 10:30

JAKARTA - Semua perusahaan asuransi kendaraan selalu ingin mencoba memberikan jasa layanan terbaik bagi konsumennya. Salah satunya adalah dalam urusan memberikan rekomendasi bengkel mana yang bisa dipilih saat nantinya ingin melakukan klaim. Hal ini penting, karena Anda tentu tidak ingin bila klaim yang diajukan ternyata tidak ditangani oleh bengkel yang tepat.

Apalagi, mobil Anda digunakan sebagai alat transportasi harian. Tentu harapannya adalah mobil dapat segera direparasi di bengkel yang layak dan hasil yang berkualitas. Lalu, bagaimana caranya agar Anda tidak salah ketika memilih? Berikut adalah kriteria dan beberapa hal wajib diketahui, dikutip dari Cekaja.com.

Bengkel yang Sudah Bekerjasama

Memang, setiap perusahaan asuransi kendaraan selalu memiliki hubungan kerja dengan bengkel yang sudah bekerjasama atau yang disebut sebagai bengkel rekanan. Bengkel rekanan ini bisa menjadi pilihan ideal, sebab bengkel yang sudah bekerjasama setidaknya sudah menjadi standar bagi pihak asuransi maupun bengkel bersangkutan, menjalin kerjasama secara administrasi, memiliki standar kualitas kerja, lama pengerjaan serta besar ongkos perbaikan yang sudah baku.

Ada Layanan Antar-Jemput

Saat ini banyak bengkel rekanan asuransi mobil yang menyediakan fasilitas antar jemput untuk kendaraan yang diajukan klaim. Maksudnya, Anda tidak perlu repot untuk mengantarkan langsung mobil Anda untuk diperbaiki. Namun Anda hanya telepon pihak bengkel, setelah itu pihak bengkel akan langsung mengirimkan pegawainya untuk menjemput mobil Anda yang ingin dipebaiki.

Biasanya, dalam prosedurnya pihak bengkel akan meminta surat perintah kerja (SPK) yang dikeluarkan oleh pihak asuransi. Dengan surat itu menandakan bahwa mobil Anda sudah diklarifikasi tentang proses perbaikan apa saja yang harus dilakukan dan ditangani oleh pihak bengkel. Pasalnya, bila berkas telah dipenuhi, mekanismenya pihak asuransi langsung melakukan proses dan segera mengeluarkan surat perintah kerja (SPK) pada bengkel bersangkutan.

Mudah Dijangkau

Walau sekarang ini ada banyak layanan antar jemput dari beberapa bengkel yang tersedia. Namun, beberapa dari Anda mungkin senang untuk mengantarkan mobil sendiri ke bengkel. Tujuannya adalah Anda ingin mencari tahu bagaimana pengerjaan perbaikannya nanti. Untuk tujuan ini, Anda mungkin tidak ingin bila bengkel untuk klaim asuransi kendaraan yang Anda miliki sangat sulit untuk dijangkau atau jauh dari rumah atau kantor tempat Anda bekerja.

Ketahui Cara Kerja

Inilah perlunya poin sebelumnya, yaitu mudah dijangkau. Sebelum memasukkan kendaraan ke sebuah bengkel rekanan, cobalah cari tahu atau lihat sendiri tentang bagaimana cara mereka bekerja serta kualitas pengerjaan sebuah bengkel. Dengan demikian, setelah mobil ditinggal di sana untuk diperbaiki, Anda tidak akan kecewa dengan hasilnya. Untuk tujuan ini Anda bisa bertanya-tanya dengan seseorang atau teman yang telah memakai jasa bengkel yang sama.

Pilih Sendiri yang Terpercaya

Lalu bagaimana kalau bengkel yang Anda inginkan tersebut bukan rekanan? Misalnya Anda memiliki bengkel pilihan sendiri yang sudah dikenal, baik kualitas kerja maupun peralatan yang digunakan. Sebenarnya, beberapa pihak asuransi menyerahkan sepenuhnya kewenangan untuk bertanya kepada bengkel manapun kepada pelanggannya.

Sebab, yang terpenting adalah konsumen memiliki asuransi yang dapat ter-cover dengan bengkel berkualitas dan terpercaya. Hanya saja, bila pilihan bengkelnya bukan merupakan rekanan dari asuransi yang Anda ambil, akan ada perbedaan biaya disini. Sebab, biasanya biaya perbaikan dari standar bengkel rekanan berbeda dengan yang bukan rekanan.

(amr)
Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/02/29/15/1324021/lima-langkah-pilih-bengkel-mobil-yang-diklaim-asuransi