Lima Tips Jitu Memilih Asuransi Rumah

25 Apr 2016, 15:02

JAKARTA - Rumah merupakan aset kekayaan terpenting. Selain sebagai tempat tinggal juga bisa bernilai untuk investasi. Namun, musibah tak terduga bisa datang kapan saja, seperti gempa bumi, banjir, atau kebakaran akan datang dan bisa menghancurkan rumah Anda.

Hal inilah yang perlu Anda perhatikan agar tidak kehilangan kebutuhan terpenting dalam hidup. Melakukan investasi rumah merupakan solusi yang tepat untuk mendapatkan jaminan ketika rumah Anda terjadi sesuatu.
Sekarang ini sebagian orang berusaha melindungi rumah mereka dengan asuransi rumah. Perusahaan asuransi juga sudah banyak yang menawarkan asuransi rumah. Bagi Anda yang ingin mengasuransikan rumah bisa lebih mudah dalam mencari pihak asuransi.

Namun, kehati-hatian juga perlu dilakukan agar tidak salah dalam memilih asuransi rumah. Berikut 5 tips jitu memilih asuransi rumah yang bisa Anda ikuti :

Lakukan Survei dan Perbandingan

Melakukan survei dalam membandingkan pihak satu dengan pihak lain merupakan langkah utama untuk mendapatkan pilihan yang tepat. Survei harus dilakukan agar Anda bisa memiliki perbandingan dari setiap asuransi. Hal ini juga bisa membantu Anda mendapatkan harga yang sesuai dengan keuangan dan tepat dengan kebutuhan Anda.

Melakukan survei juga jangan satu atau dua asuransi saja, lakukan hingga lima perusahaan asuransi untuk mendapatkan satu yang tepat di antara lima pilihan. Dalam melakukan survei, Anda perlu memperhatikan harga asuransi, layanan asuransi, aturan yang ditetapkan oleh pihak asuransi, dan penawaran-penawaran lainnya. Hal-hal itulah yang perlu menjadi perbandingan Anda untuk memilih satu yang tepat.

Pilih Polis yang Tepat

Setelah melakukan survei dan membandingkan satu sama lain, selanjutnya Anda memperhatikan perjanjian perlindungan (polis). Fokuslah untuk menanyakan perjanjian perlindungan apa saja yang diberikan dari setiap perusahaan asuransi rumah tersebut.

Memang asuransi rumah bisa menjamin kerusakan rumah akibat bencana, tetapi pilihlah asuransi rumah yang juga bisa menjamin perbaikan pasca bencana. Sebaiknya, pilih asuransi rumah yang mempunyai polis bisa memperbaiki rumah hingga pasca bencana.

Cermati Lingkungan Rumah

Sebelum Anda memilih polis ketika mendaftar asuransi rumah, Anda perlu memperhatikan lingkungan rumah untuk memilih polis sesuai kebutuhan Anda. Jika lingkungan rumah Anda rawan banjir, pilihlah polis yang bisa memproteksi rumah Anda dari kerusakan akibat banjir.

Dengan begitu Anda bisa mendapat kebutuhan yang tepat untuk rumah Anda. Selain memilih polis pertanggungan rumah, Anda juga perlu memperhatikan cakupan jumlah pertanggungan. Jangan sampai jumlah pertanggungan masih tidak bisa mencukupi kebutuhan kerusakan rumah Anda.

Cermati Rasio Penyelesaian Klaim

Pemegang asuransi berhak mengajukan klaim untuk mendapatkan pertanggungan dari dana asuransi tersebut. Pemegang asuransi juga berhak mendapatkan kemudahan pengajuan klaim.
Namun, sayangnya banyak perusahaan asuransi yang masih sulit memproses klaim pengajuan dari pemegang asuransi. Anda harus cermat mengamati pengajuan klaim dari pihak asuransi. Pilihlah asuransi lain jika proses pengajuan klaim terlalu menyulitkan Anda.

Pahami Polis Dengan Teliti

Langkah terakhir ini merupakan langkah penting untuk mendapatkan pemahaman mengenai asuransi. Ketika pihak asuransi menjelaskan mengenai asuransi rumah yang Anda pilih, pahami setiap penjelasannya. Program asuransi sangat rumit, sehingga banyak beberapa orang yang masih belum paham dengan proses asuransi.

Untuk menghindari salah tafsir, maka perhatikan setiap penjelasan yang dilontarkan. Jika Anda masih bingung tanyakan langsung kepada pihak asuransi untuk mendapatkan pemahaman yang tepat. Dengan begitu Anda juga paham untuk menjalankan langkah perbandingan hingga mengetahui bagaimana proses penyelesaian klaim.

Pilih Sesuai Kemampuan

Memilih asuransi untuk rumah memang susah susah gampang, untuk itu pilihlah asuransi yang sesuai dengan kemampuan Anda. Agar tidak membebani hingga akhirnya membuat Anda berhutang nantinya. Cari tahu lebih lanjut mengenai asuransi yang Anda pilih.(amr)

Askrida | Sumber :  http://economy.okezone.com/read/2016/03/31/320/1350374/lima-tips-jitu-memilih-asuransi-rumah