Lindungan Rumah dari Bencana Alam dengan Cara Ini

28 Feb 2017, 08:41

Rumah sebagai tempat berlindung keluarga pada dasarnya rentan mengalami kerusakan. Mulai dari kerusakan kecil hingga kerusakan besar akibat bencana.

Alangkah bijak apabila pemilik rumah juga memberikan perlindungan yang tepat, tujuannya tentu saja untuk meminimalisir risiko bencana. Bencana seperti banjir, kebakaran, hingga gempa bumi adalah misteri. Penghuni rumah tak pernah tahu kapan bencana datang.

Agar hidup lebih tenang, cobalah untuk meninjau ulang sejauh mana kamu sudah menyiapkan proteksi untuk rumah kesayanganmu. Bisa jadi kamu sudah merasa cukup dengan membeli asuransi rumah standar, padahal, belum tentu asuransi tersebut mampu melindungi rumah sesuai harapanmu. Simak 3 tips berikut ini.

Pastikan asuransi rumahmu memiliki perluasan perlindungan bencana alam

Memperbaiki rumah yang rusak karena bencana dalam waktu singkat tidak mudah. Alasannya karena membutuhkan banyak biaya. Jika kamu sudah punya asuransi rumah, coba cek apakah asuransi sudah mencakup perluasan jaminan terhadap bencana alam seperti banjir, gempa bumi, hingga badai? Asuransi rumah yang standar menjamin kerugian akibat kebakaran, tetapi tidak untuk bencana alam.

Untuk mendapatkan asuransi rumah yang lengkap, kamu harus merogoh kocek lebih guna membayar premi. Namun, perlindungan yang akan kamu dapatkan jauh lebih bernilai bukan? Selain asuransi, tak ada salahnya keluargamu juga punya dana darurat. Dana darurat ini akan punya banyak manfaat termasuk ketika keluargamu membutuhkan uang lebih akibat terkena musibah.

Cek lagi kondisi rumah, lakukan hal-hal yang akan mengamankan rumah

Kebakaran

Jika rumahmu memiliki halaman luas, sebisa mungkin ciptakan jarak yang cukup antara rumah dan pohon serta tumpukan dedaunan mati, ini akan meminimalkan kemungkinan rumah rusak oleh api. Pasang jendela pengaman (mesh screening atau jendela kawat) di beberapa bagian di luar rumah untuk mencegah kebakaran.

Gempa bumi

Amankan benda berat seperti lemari dan rak ke dinding atau lantai dengan tali pengaman.

Banjir

Tinggikan letak perabotan dan peralatan di rumah seperti kulkas, kompor, atau mesin cuci. Beri pengganjal agar tetap bisa menggunakannya ketika terjadi tergenang air yang tidak terlalu tinggi. Pastikan colokan listrik juga berada di posisi yang tinggi agar tak mudah terkena air.

Segera cari tahu apa yang rusak dan lakukan tindakan cepat

Segera setelah terjadi bencana, jangan malas memeriksa seluruh bagian rumah untuk menemukan kerusakan yang terjadi. Dan jangan lupa menghubungi pihak asuransi, maksimal 3 x 24 jam setelah kejadian.(rai)

Sumber : economy.okezone.com/read/2017/02/24/470/1627213/lindungan-rumah-dari-bencana-alam-dengan-cara-ini