Manfaat Alarm Mobil, Yang Jarang Diketahui

16 May 2018, 08:14

Mobil anda, pasti dilengkapi dengan alarmnya. Alarm mobil sendiri adalah perangkat elektronik yang tujuan pemasangannya adalah untuk mencegah pencuri yang mencoba masuk ke mobil dan mengambil barang-barang di mobil anda. Cara kerja alarm mobil, pada umumnya adalah mengeluarkan suara dengan volume cukup tinggi. Pada beberapa mobil, ada pula yang disertai dengan kedap kedip lampu mobil.

Alarm tentu saja tidak termasuk pada komponen mesin mobil yang utama, akan tetapi peranan alarm mobil, tidak bisa dipandang sebelah mata. Bayangkan jika pada mobil anda, tidak terdapat alarm. Maka pencuri akan menyongkel dan masuk mobil anda dengan sangat mudah. Namun faktanya, fungsi alarm mobil, bukan hanya itu, alarm juga memiliki fungsi lain, berikut penjelasannya :

Menambah Nilai Jual

Mungkin dari anda, sampai saat ini tidak memakai alarm mobil dikarenakan anda merasa, telah tinggal ditempat yang aman, banyak satpam berjaga dan sepertinya yang jelas tidak mungkin mobil anda kecurian. Padahal dengan anda memasang alarm mobil, ada fungsi lain yakni menambah nilai jual.

Memasang perangkat tambahan setelah pembelian, misalnya alarm, itu dapat membantu dalam mendongkrak harga jual mobil Anda. Ketika pembeli melihatnya dan Anda mampu menjelaskan keunggulan serta cara kerjanya, maka kemungkinan Anda dapat menaikkan harga mobil dari sebelumnya.

Membantu dalam Klaim Asuransi

Asal anda tahu saja, perusahaan asuransi saat ini melakukan penaksiran resiko atau risk assessment, tidak hanya dari riwayat berkendara anda saja, tetapi juga dari tahun keluaran mobil, model dan juga lingkungan garasi tempat mobil anda tersebut diparkirkan.

Dengan kata lain, keselamatan dan keamanan adalah juga prioritas asuransi mobil dalam melakukan perhitungan resiko. Oleh karena itu, pemasangan komponen pelengkap seperti alarm mobil, melakukan dokumentasi ketika pemasangannya lalu memberitahukan penanggung atau insurer terkait pemasangan alarm serta meyakinkannya bahwa mobil kita sudah terproteksi dengan baik, dapat membantu mengurangi jumlah uang yang dibayarkan ketika anda mengajukan klaim.

Menghindari Biaya yang Timbul Akibat Kecurian

Sudah sewajarnya, jika mobil kita mengalami kecurian, kita akan sangat rugi, belum lagi jika mobil kita adalah mobil mahal. Namun asal anda tahu bahwa mobil mahal milik anda itu, jika dicuri, ia tidak bisa dikendarai maupun dijual kembali. Meskipun ada kemungkinan, mobil anda telah ditemukan pihak yang berwenang, namun buka berarti anda tidak rugi lagi. Umumnya mobil yang ditemukan oleh polisi, akan segera disita.

Dan jika anda ingin mengambilnya, anda harus membayar uang penyitaan. Besaran uang sita tersebut di amerika kurang lebih $100 atau sekitar Rp.1.400.000. Tentu ini bukan jumlah yang sedikit. Dengan memasang alarm mobil pada mobil anda, kesempatan maling untuk mencuri mobil anda akan sangat kecil.

Nah, itulah fungsi lain dari alarm mobil. Disamping menghindarkan dari kecurian mobil, Fungsi dari pemasangan alarm mobil yakni akan menambah nilai jual, dan juga dapat membantu masalah dalam klaim asuransi. Segera pasang alarm pada mobil anda dan antisipasi semuanya. Salam.

Sumber : otomotif1.com/6179/manfaat-alarm-mobil