Manfaat Asuransi Kredit Ketika Punya Cicilan KTA

14 Oct 2016, 14:54

Ketika bicara soal aplikasi KTA atau Kredit Tanpa Agunan, kebanyakan dari kita biasanya hanya terpikir soal bunga dan biaya administrasi lainnya. Biaya-biaya tersebut biasanya memang sudah jadi ketetapan, bukan opsional. Namun, sudah tahukah Anda mengenai manfaat asuransi kredit? Biaya lain yang sifatnya opsional ketika Anda mengajukan aplikasi kredit.

Kita semua pasti berharap bahwa kita sendiri yang akan melunasi utang pinjaman. Akan tetapi, masa depan kadang tidak bisa diprediksi, bukan? Kita memang tidak harap sesuatu yang buruk, seperti misalnya kematian. Meski begitu, siapa yang bisa menjamin? Ketentuan yang berlaku untuk pinjaman KTA ini sendiri adalah cicilan akan dilanjutkan oleh anggota keluarga yang ditinggalkan, apabila debitur meninggal dunia. Miris, bukan, sudah jatuh tertimpa tangga pula.

Nah, inilah salah satu manfaat utama dari asuransi kredit. Apabila Anda mengajukan KTA dan disetujui, program ini akan ditawarkan oleh pihak Bank. Pada umumnya, Anda harus membayarkan sejumlah nominal untuk premi asuransi ini setiap bulannya. Namun ada juga Bank yang tidak memungut premi asuransi jiwa kredit.

Manfaat Asuransi Kredit Tidak Hanya Perlindungan Meninggal Dunia.

Sebagai informasi saja, manfaat asuransi kredit tidak hanya terbatas pada perlindungan terhadap meninggal dunia saja. Berikut beberapa manfaat lengkapnya, berdasarkan informasi dari Otoritas Jasa Keuangan:

Meninggal

Sebagaimana sudah disebutkan, apabila pihak debitur meninggal karena kecelakaan ataupun sakit maka cicilan Anda dianggap lunas oleh Bank.

Cacat tetap

Cacat tetap akibat kecelakaan sehingga tidak mampu lagi membayar cicilan termasuk pula di dalamnya.

PHK

Debitur yang di-PHK atau mengalami Pemutusan Hubungan Kerja juga terkadang masuk dalam poin-poin risiko yang ditanggung oleh asuransi kredit.

Oleh karenanya, penting bagi Anda dari awal memperhatikan poin-poin apa saja yang diatur oleh asuransi tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mempertimbangkan apakah asuransi dari Kredit Tanpa Agunan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai juga premi yang kita bayarkan untuk asuransi kredit tersebut tidak sebanding dengan manfaat yang diterima. Sebelum menandatangani kontrak, perhatikan baik-baik apa saja ketentuan yang diberlakukan. Jika memang tidak sebanding, coba bandingkan lagi dengan bank lainnya yang menawarkan apply Kredit Tanpa Agunan.

Asuransi kredit, pada dasarnya program ini memberi keuntungan bagi kedua pihak baik kreditur dan debitur. Jika sesuatu terjadi kepada debitur maka pihak terdekatnya tidak akan dibebankan lagi. Sementara itu, pihak Bank sendiri juga mendapatkan jaminan kredit. Untuk memperoleh manfaat asuransi kredit ini, Anda cukup menyetujui perjanjian kredit yang telah ditetapkan oleh Bank, yakni termasuk asuransi. Kemudian, nominal cicilan yang Anda bayarkan akan ditambahkan dengan biaya premi asuransi kredit setiap bulannya. Jadi lebih tenang untuk membayarkan cicilan pinjaman tersebut, bukan?

askrida | Sumber : bisnis.fajarnews.com/read/2015/11/09/6406/manfaat.asuransi.kredit.ketika.punya.cicilan.kta