Masyarakat Harus Pintar Memilih Perusahaan Asuransi

29 Jul 2016, 11:44

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Riau himbau masayarakat agar melakukan pencarian informasi lebih dulu sebelum melakukan perjanjian asuransi. Bendahara AAUI Pekanbaru, Susi Surya Agus, mengatakan masyarakat perlu berhati-hati agar tidak tertipu dengan pihak yang mengaku atas nama asuransi. "Saya tidak menampik adanya pihak-pihak yang mengaku agen perusahaan asuransi. Oleh karena itu masyarakat juga mesti pintar menyikapi hal tersebut," tuturnya. 

Ia menyampaikan untuk menghindari penipuan masyarakat bisa mencari informasi terkait perusahaan yang mengajukan penawaran asuransi. "Informasi itu bisa didapatkan dengan bertanya langsung ke pihak OJK, bertanya dengan AAUI atau gali informasi dari internet dan media masa," katanya. Ia menyampaikan untuk seluruh Indonesia saat ini terdapat 84 perusahaan asuransi legal. 78 diantaranya merupakan asuransi umum.
"Data asuransi terdapat di website milik AAUI dan OJK. Diluar dari yang terdaftar di AAUI ditaksir merupakan asuransi ilegal," katanya.

Terkait pemasaran produk melalui teknik telemarketing. Ia mengatakan belum bisa berbuat banyak karena aturan yang ada masih membolehkan hal ini. Untuk mewaspadai ini ia mengatakan kepada konsumen jika tidak ingin menggunakan jasa asuransi yang ditawarkan segera bilang tidak berkenan. "Ini perlu dilakukan karena jika dibiarkan pembicaran tersebut direkam dan akan jadi bukti transaksi. Terkadang hal ini bisa menipu konsumen," katanya.(*)

askrida | Sumber : pekanbaru.tribunnews.com/2016/07/27/masyarakat-harus-pintar-memilih-perusahaan-asuransi