Mau Ambil Asuransi? Inilah yang Perlu Dilakukan dan yang Jangan (1)

03 Apr 2018, 08:05

Asuransi merupakan produk keuangan yang berguna sebagai proteksi. Asuransi juga menjadi alat pengatur keuangan terbaik karena dianggap mampu menjaga kestabilan finansial. Produk yang ditawarkan perusahaan asuransi tidak hanya satu saja, tetapi beberapa jenis. Keanekaragaman ini wajar membuat masyarakat sedikit bingung untuk menentukan produk asuransi terbaik.

Apa pun produk asuransi yang Anda pilih, pro dan kontra tetap akan timbul. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan mengetahui hal yang harus dilakukan dan jangan dilakukan saat membeli produk asuransi berikut ini.

1. Paham Asuransi yang Ditawarkan (Lakukan)

Produk asuransi yang ditawarkan tidak hanya asuransi jiwa ataupun kesehatan. Namun, ada juga asuransi pendidikan, kendaraan, properti, dan asuransi perjalanan. Tiap-tiap asuransi memiliki tujuan dan tarif premi yang berbeda-beda. Untuk itu, kenali produk asuransi tersebut satu per satu agar Anda tahu asuransi jenis mana yang terbaik.

2. Sesuaikan Asuransi dengan Kebutuhan (Lakukan)

Produk asuransi yang dipilih harus sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini dan di masa depan. Apabila kondisi tubuh Anda sering melemah dan kerap kali membutuhkan pertolongan medis, bergabung lah pada asuransi kesehatan. Jika Anda membutuhkan dana sebagai antisipasi biaya kuliah anak di kemudian hari, bergabung lah pada asuransi pendidikan. Begitu seterusnya.

3. Bandingkan Asuransi-Asuransi yang Tersedia (Lakukan)

Asuransi kesehatan vs asuransi jiwa, atau asuransi kebakaran dan asuransi kendaraan, mana yang harus dipilih? Balik lagi kepada kebutuhan Anda. Untuk menemukan jawaban yang tepat, bandingkan kedua jenis asuransi tersebut. Anda bisa mencari kelebihan dan kelemahan asuransi tersebut di internet. Jangan lupa juga untuk membandingkan fasilitas dan jumlah premi yang harus dibayarkan setiap bulan.

4. Mengisi Formulir dengan Benar (Lakukan)

Sebelum dinobatkan menjadi salah satu nasabah di perusahaan asuransi tertentu, Anda wajib mengisi formulir pendaftaran yang berisi data diri nasabah. Pada kondisi ini, Anda harus memberikan data yang akurat dan jujur sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Ingat, produk asuransi yang Anda ambil menyangkut masa depan. Jika terdapat kesalahan pengisian data, akan berakibat fatal pada saat mengajukan proses klaim asuransi.

Sumber : economy.okezone.com/read/2018/02/19/320/1861592/mau-ambil-asuransi-inilah-yang-perlu-dilakukan-dan-yang-jangan