Membangun Kesadaran untuk Berasuransi

24 Aug 2016, 10:54

Hidup yang kita jalani selalu ada kesempatan, akan tetapi juga penuh dengan risiko yang tidak dapat kita prediksi dengan pasti sebelumnya. Risiko tersebut dapat berupa beban risiko atas diri sendiri, keluarga, maupun harta yang kita miliki. Keadaan yang tampak cemerlang dan baik-baik saja seketika dapat berubah menjadi begitu suram dan sukar. Akan sangat sia-sia, misalkan jika peristiwa yang terjadi di luar kendali kita, seperti banjir, kebakaran, huru-hara menghanguskan hasil kerja keras kita dalam sekejap mata.

Belum lagi perekonomian nasional yang belum juga stabil sedikit banyak mendatangkan kegalauan terhadap masa depan di masyarakat. Betapa tidak, inflasi tiap tahun terus terdongkrak. Akibatnya, biaya hidup semakin mahal, termasuk juga biaya kesehatan. Bila hari ini bisa menyekolahkan anak, besok belum tentu mampu menghantarkan anak ke jenjang pendidikan tinggi. Hari ini masih bisa bekerja, besok belum tentu demikian. Sebab tidak ada kepastian masa depan dunia usaha. Masa depan yang tidak pasti inilah yang mendorong orang berkeinginan memiliki asuransi.

Dengan asuransi, biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit akan dijamin bila Anda jatuh sakit. Dengan asuransi pula, Anda akan mendapat jaminan hidup hari tua. Anak Anda pun akan dijamin biaya pendidikannya hingga ke jenjang pendidikan tinggi. Sehingga dengan asuransi, masa depan dijamin lebih aman. Itulah manfaat dari memiliki asuransi.

Akan tetapi belum semua orang menganggap bahwa berasuransi merupakan suatu hal yang penting, dengan kata lain kesadaran masyarakat Indonesia untuk berasuransi masih kurang. Tulisan ini akan membahas faktor apa saja yang menyebabkan kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk berasuransi, dan upaya yang dapat dilakukan baik oleh perusahaan asuransi maupun pemerintah sebagai regulator untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi sebagai salah satu sarana finansial dalam tata kehidupan ekonomi rumah tangga, baik dalam menghadapi risiko finansial yang timbul sebagai akibat dari risiko yang paling mendasar, yaitu risiko alamiah datangnya kematian, maupun dalam menghadapi berbagai risiko atas harta benda yang dimiliki.

Anda dapat membaca PENGERTIAN, PELAKU, DAN PRINSIP ASURANSI untuk melanjutkan kliping ini.

askrida | Sumber : financialneeds.blogspot.co.id/2012/11/membangun-kesadaran-untuk-berasuransi