Mengasuransikan Hubungan Cinta?

15 Aug 2016, 12:19

Produk asuransi yang tengah jadi perbincangan banyak masyarakat di Tiongkok ini terbilang unik. Karena hanya dengan membayar jaminan asuransi sebesar 599 yuan atau Rp 1,1 juta, Anda akan mendapatkan 10000 yuan atau Rp 19,7 juta sebagai tebusan jika Anda sebagai aplikan akan menikahi kekasih Anda dalam jangka waktu 3 sampai 10 tahun ke depan. Tertarik?

Aplikan hanya diminta untuk menandatangani status belum menikah diantara kedua belah pasangan ketika ingin membeli produk asuransi ini. Jika mereka menikah di tanggal yang telah ditentukan maka uang tebusan bisa bertambah lagi yakni mencapai 10999 yuan atau Rp 21,7 juta.

Beberapa orang di Tiongkok mulai melirik produk ini dan melihat penawaran tersebut adalah jenis pemasaran yang pintar seperti yang dilansir dari laman AsiaOne. “Harganya tidak berbeda dengan hadiah yang biasa saya berikan pada pacar saya, namun ini akan membuat wanita merasa hal ini adalah janji yang serius,” ujar Xu Haoyou, salah satu pegawai berumur 26 tahun di Shanghai.

Namun beberapa juga mengatakan bahwa perusahaan jenis ini akan bertahan lama karena kebanyakan pasangan bisa dengan cepat memutuskan hubungannya. “Perusahaan asuransi ini menggunakan data bahwa kurang dari 5,5 persen pasangan dengan hubungan percintaan yang sudah lama dibina akan menjadi suami istri,” tulis salah satu pengguna Weibo.

“Untuk mereka yang baru saja jatuh cinta, butuh waktu tiga tahun untuk mengikatkan diri dalam sebuah tali rumah tangga, namun akan ada banyak kendala dan pengaruh dalam sebuah hubungan dalam tiga tahun. Mereka yang memiliki hubungan yang stabil biasanya tidak akan menunggu tiga tahun untuk menikah,” ujar Cai, penduduk Shanghai berumur 29 tahun.

Namun diantara mereka masih ada pembeli produk yang serius seperti Li Qiumeng dari Chongqing yang memiliki kekasih yang akan mengenyam pendidikan dua tahun di California. “Entah untuk pelajaran atau mendapatkan uang, ini adalah bukti dari cinta kami,” ujar Li.

Pernikahan adalah ikatan yang sangat rapuh di kota besar seperti Shanghai belakangan ini. Pernikahan tidak lagi bisa bertahan lama dimana lebih dari 53 ribu orang bercerai di tahun 2014 di Shanghai pada urutan pertama mengikuti Beijing dengan 41 ribu orang yang memutuskan hubungan pernikahan di bawah umur 40 tahun. Rata-rata wanita di Shanghai menikah di umur 32 tahun sedang untuk pria menikah di umur 34,5 tahun.

askrida | Sumber : www.ragam.analisadaily.com