Merasa Dirugikan Jasa Keuangan? Ini Cara Melaporkannya

13 Mar 2017, 08:00

Kepala Bagian Penyelesaian Sengketa Diluar Pengadilan OJK, Y B Eko Pramuji mengatakan meski Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) tidak berkantor di Kalbar namun masyarakat bisa dengan mudah menyampaikan pengaduan. Selain itu, aduan juga bisa disampaikan melalui OJK.

"Selain OJK bisa melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa di sektor jasa keuangan. Meski tak memiliki kantor di Pontianak, aduan ke LAPS bisa diakses melalui website, telephone, email, dan fax. Sebaiknya langsung ke LAPS, jika tidak melalui OJK agar tidak buang waktu," ujar Eko pada Kamis (9/3/2017).

Eko mengatakan masing-masing sektor memiliki LAPS. Untuk perbankan nasabah bisa ke lembaga alternatif penyelesaian sengketa Perbankan Indonesia (LAPSPI), untuk asuransi ke badan mediasi dan arbitrase asuransi Indonesia (BMAI), dana pensiun ke badan mediasi dana pensiun (BMDP).

Untuk perusahaan penjaminan nasabah bisa langsung ke badan arbitrase dan mediasi perusahaan penjaminan Indonesia (BAMPPI).

Sedangkan untuk perusahaan pembiayaan badan mediasi pembiayaan Pegadaian dan Vantura Indonesia (BMPPVI) dan jika ada aduan terkait pasar modal bisa langsung ke badan arbitrase pasar modal Indonesia (BAPMI).

"Jadi bisa ke LAPS masing-masing sektor jasa keuangan. Memang LAPS domisilinya masih di Jakarta semua, tetapi untuk penyelesaian sengketa OJK bisa memfasilitasi melalui kantor-kantor yang ada di daerah. Jadi nanti LAPS akan meminjam fasilitas dari OJK untuk penyelesaian OJK di daerah. LAPSPI sudah menyelesaikan dua kasus di Ketapang. Masing-masing LAPS masing-masing memiliki prosedur dalam penyelesaian untuk mediasi, arbitrasi ada peraturan pra acara,"ujarnya.

Sumber : pontianak.tribunnews.com/2017/03/09/merasa-dirugikan-jasa-keuangan-ini-cara-melaporkannya