Mobil Dibakar Seperti di Petamburan, Diganti Asuransi Nggak Ya?

29 May 2019, 13:47

Mobil-mobil yang diparkir di depan Asrama Brimob Petamburan, Jakarta Pusat menjadi korban pembakaran oleh Orang Tidak Dikenal. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyebut ada sembilan mobil dibakar di Asrama Brimob itu, kondisi mobil rusak parah hingga tersisa rangka mobil saja.

Akibat kejadian tersebut, petugas pemadam kebakaran pun diturunkan untuk memadamkan api.

"Iya itu mobil yang diparkir di depan asrama polisi itu ada yang dibakar tadi malam. 9 Unit dibakar," kata Argo, Rabu (22/5/2019).

Lantas siapa yang harus bertanggung jawab mengganti kerugian jika mobil dibakar orang tidak dikenal seperti di Petamburan? Apabila menggunakan asuransi jenis komprehensif untuk mobil ada kemungkinan untuk diganti dengan syarat perluasan jaminan.

Mengutip salah satu situs asuransi mobil, pertanggungan asuransi tersebut akan melindungi kendaraan bermotor yang diasuransikan dari kerugian atau kerusakan yang secara langsung disebabkan kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat tanpa penggunaan senjata api, revolusi tanpa penggunaan senjata api, makar, atau pencegahan wajar terhadap risiko-risiko yang disebutkan sebelumnya.

"Janji asuransi adalah mengembalikan kondisi mobil seperti sesaat sebelum kejadian," ujar Marketing Communication & PR Manager salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, Laurentius Iwan Pranoto. "Kalau masih bisa diperbaiki ya diperbaiki. Kalau biaya perbaikan lebih dari 75 persen dari harga pertanggungan maka total loss, asuransi akan ganti sesuai harga mobil saat kejadian. Kalau mobilnya masih kredit, penggantian diberikan ke leasingnya," jelas Iwan.

Nah, jika tak mengasuransikan mobil tentunya kerugian mobil dibakar orang tidak dikenal itu harus ditanggung sendiri dengan biaya yang cukup menguras kantong. (dry/ddn)

Sumber : oto.detik.com/mobil/d-4559704/mobil-dibakar-seperti-di-petamburan-diganti-asuransi-nggak-ya