Mudik? Rencanakan Rute yang Ditempuh

14 Jun 2019, 16:45

MUDIK menjadi kegiatan yang tak terbantahkan saban Lebaran. Kehangatan silaturahim di kampung halaman menjadi magnet untuk menempuh perjalanan jauh sekalipun. Jalur darat merupakan jalan yang menjadi favorit para pemudik, terutama yang menggunakan mobil pribadi.

Dalam dua dekade belakangan ini fasilitas keamanan, kesehatan dan pendukung lainnya sudah sangat mumpuni. Dukungan pelaku bisnis selalu memberikan yang terbaik. “Kami mempersiapkan layanan Emergency Road Assistance seperti bantuan derek, jumper, bantuan penggantian ban, kendaraan terkunci secara tidak sengaja, dan berbagai fasilitas rescue lainnya,” ungkap Julian Noor, Chief Executive Officer dari salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia.

Kendaraan pribadi yang mendominasi jalur darat memang membutuhkan perhatian khusus. Agar aman dan nyaman sepanjang perjalanan mudik ada baiknya kamu memperhatikan tips berikut ini.

Rencanakan rute yang ditempuh

Perencanaan merupakan keharusan meskipun kamu sudah sering melewati rute yang ditempuh. Perencanaan ini tak hanya meliputi rute, namun juga waktu tempuh, tempat istirahat, waktu istirahat dan bekal yang harus dibawa di dalam mobil. Terutama kalau kamu bepergian dengan anak-anak, harus diperhatikan makanan, baju dan waktu istirahat mereka. Jangan sampai kampung halaman, anak-anak malah terganggu kesehatannya. Kamu harus memperhatikan muatan dalam mobil, jangan berlebihan.

Servis mobil kamu

Sepertinya remeh saja mengecek mobil kamu, apalagi kalau mobil kamu keluaran terbaru. Tapi ada baiknya mencek kondisi mobil ke montir atau bengkel langganan kamu. Biasanya montir akan memberikan saran-saran selama kamu menempuh perjalanan mudik. Cek kondisi mobil meliputi mesin mobil, radiator, aki, ban (kondisi angin), lampu-lampu dan semua kebutuhan oli.

Jaga kesehatan tubuh

Selain mesin mobil yang sehat, kamu juga harus sehat. Jika kondisi badan kamu fit dan bugar maka perjalanan mudik menjadi jauh lebih menyenangkan. Apalagi kalau pasangan kamu dapat mengendarai mobil juga, sehingga bisa bergantian dan tubuh tidak terlalu letih sampai di kampung halaman.

Persiapkan alat pendukung

Barang-barang yang harus ada di dalam mobil dan harus tetap ada di dalam mobil adalah dongkrak, ban serep, kunci-kunci pas, obeng lengkap, kotak P3K. Kemudian yang harus juga ada adalah kartu e-toll yang cukup untuk membayar toll, uang receh logam dan kertas, dan kelengkapan identitas seperti KTP dan SIM. Siapkan juga uang tunai secukupnya untuk membeli bensin atau kebutuhan lainnya. Jangan bawa uang tunai berlebihan!

Istirahat sangat penting

Kadang demi mengejar waktu yang sudah direncanakan, kamu bisa menggeber terus mobil lebih dari waktu yang seharusnya. Idealnya waktu istirahat adalah 3 jam sekali. Kesegaran dan kebugaran tubuh kamu akan dapat kembali dengan baik. Selalu mengutamakan keselamatan diri dan keluarga. Toh kamu mau mudik bukan balapan.

Aturan di jalan

Ada aturan dan etika berlalulintas di jalan yang harus kamu patuhi. Mengutamakan keselamatan di jalan adalah hal yang berharga untuk kamu dan keluarga. Pahami batas maksimal kendaraan melaju di ruas jalan baik jalan tol maupun jalan nasional.

Risiko

Berbagai risiko selama perjalanan mudik akan semakin meningkat seperti risiko kecelakaan hingga kebongkaran rumah yang ditinggali. Pastikan kamu sudah mengalihkan risiko-risiko tersebut dengan perusahaan asuransi yang dipilih sudah tercover berbagai risiko kecelakaan. Tidak hanya itu, pastikan asuransi yang dipilih melindungi rumah yang ditinggalkan mudik. Jadi mudik akan semakin tenang.

“Tidak ketinggalan, selama perjalanan tetap harus menjaga kondisi psikologis Anda. Tetap kendalikan emosi Anda, agar perjalanan semakin tenang dan nyaman,” saran Julian. (psr)

Sumber : merahputih.com/post/read/mudik-rencanakan-rute-yang-ditempuh