Nasabah Bank Umum Dominasi Pengaduan OJK

09 Oct 2018, 12:40

Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK dan Kemitraan Pemerintah Daerah Dedy Patria menyampaikan jumlah pengaduan konsumen yang masuk pada OJK Regional 3 Jateng dan DIY mencapai 210 pengaduan berdasarkan data Juli 2018. Penyelesaian pengaduan konsumen ini masih menjadi fokus perhatian OJK karena sebagai bagian dari fungsi OJK  alam melidungi konsumen.

"Pengaduan tertinggi pada bank umum sebanyak 128 pengaduan atau 61 persen dan 33 pengaduan untuk BPR kemudian urutan kedua pembiayaan disusul asuransi dan sebagainya. Dari jumlah pengaduan tersebut yang telah selesai sebanyak 208 pengaduan termasuk tindak lanjut sedangkan sisanya masih dalam proses klarifikasi," papar Dedy.

Dedy mengungkapkan dari hasil pengaduan yang masuk, OJK selalu berupaya untuk selalu menekan agar pengaduan tersebut tidak meningkat dari tahun ke tahun. Guna menekan pengaduan yang terkait dengan asuransi dan perusahaan pembiayaan, pihaknya melakukan pelatihan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

" Adanya pelatihan itu diharapkan perusahaan pembiayaan maupun asuransi semakin baik dalam melaksanakan pelayaannya. Sehingga masyarakat atau konsumen benar-benar paham dan mengerti terhadap produk-produk tersebut. Dengan demikian pengaduan akan berkurang di masa mendatang," pungkas Dedy. (Ira)

Sumber : krjogja.com/web/news/read/78349/Nasabah_Bank_Umum_Dominasi_Pengaduan_OJK