Nelayan Balikpapan Mau Dapat Asuransi..? Ini Syaratnya

09 Jun 2016, 10:35

Para nelayan tak perlu lagi waswas saat melaut. Mulai tahun depan, mereka akan menerima asuransi ketenagakerjaan. Asuransi ini bisa untuk mengajukan klaim bila terjadi kecelakaan ketika bekerja di laut.
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (DPKP) Balikpapan Yosmianto mengatakan, program Kementerian Kelautan dan Perikanan pertama kalinya mengalokasikan asuransi ketenagakerjaan untuk 3.500 nelayan di Balikpapan. Ia menyebut hingga saat ini, telah ada seribuan nelayan yang telah terdata.

“Yang akan mendapat asuransi tersebut merupakan nelayan yang sudah mempunyai kartu nelayan. Itu saja syaratnya,” ujarnya. Ia menjelaskan dengan adanya asuransi ketenagakerjaan bisa menjamin nelayan yang mengalami kecelakaan kerja. Seperti tertabrak maupun ketika mengalami kapal yang terbalik.

“Dengan adanya asuransi bisa melakukan klaim. Misalnya ketika kapal nelayan tertabrak kapal besar perusahaan. Nelayan bisa mengajukan biaya ganti rugi dampak kecelakaan. Sehingga tidak seperti sekarang. Nelayan susah menuntut ganti rugi ke perusahaan besar,” paparnya.

Ia juga mengajak agar nelayan yang belum mempunyai kartu nelayan segera melakukan registrasi. Sehingga bisa memenuhi alokasi yang diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Selain tengah melakukan pendataan untuk asuransi, pihak DPKP tengah dalam proses imbauan ajakan untuk membuat kartu nelayan.
“Saat ini, Ketua Kelompok Nelayan sedang kita surati. Karena memang ada anggota dari beberapa kelompok yang belum buat,” ujarnya. Ia juga mengatakan, batas pengumpulan data nelayan oleh DPKP untuk mendapat asuransi hingga akhir tahun. Yang kemudian seluruh data nelayan akan di-input ke aplikasi Kementerian Kelautan dan Perikanan. Dan kementerian tersebut akan menunjuk salah satu perusahaan sebagai pengelola asuransi.

“Saat ini masih 1.000-an nelayan. Bisa saja target alokasi dari pusat tidak terpenuhi. Makanya kami giatkan imbauan agar nelayan bisa mengurus kartu nelayan,” katanya. (*/ane/one/k15)

askrida | Sumber : http://kaltim.prokal.co/read/news/269132-nelayan-balikpapan-mau-dapat-asuransi-ini-syaratnya.html