OJK akan larang bancassurance ekslusif

21 Apr 2016, 09:30

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis draft aturan tentang saluran pemasaran produk asuransi melalui kerjasama dengan bank atau bancassurance. Aturan tersebut secara detail menjelaskan produk bancassurance berikut aspek perlindungan kepada nasabah.

Draft aturan tersebut perluasan dari Peraturan OJK Nomor 23/POJK.05/2015 tentang produk asuransi dan pemasaran produk asuransi yang tertuang dalam surat edaran (SE). Isinya tentang aktivitas kerjasama antara perusahaan asuransi dengan bank. Adapun draft tersebut menjelaskan syarat umum perusahaan asuransi yang akan memasarkan produk asuransi melalui bancassurance antara lain memenuhi kesehatan keuangan dan tidak sedang kena sanksi.

Selain itu syarat model bisnis bancassurance, OJK meminta agar perjanjian bancassurance dilarang memuat ketentuan yang diartikan bahwa bank hanya akan memasarkan produk asuransi dari perusahaan asuransi tertentu secara eksklusif. Sementara dari aspek perlindungan nasabah, perusahan asuransi harus memastikan bahwa nasabah memahami produk, manfaat dan risiko produk.

Firdaus Djaelani, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank mengatakan, saat ini masih dalam tahap meminta tanggapan dari industri untuk penentuan SE tersebut. Belum jelas, kapan aturan itu keluar.

Askrida | Sumber :  http://keuangan.kontan.co.id/news/ojk-akan-larang-bancassurance-ekslusif