OJK bakal periksa langsung sektor LJKNB

18 Aug 2016, 16:45

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis draft Peraturan OJK (POJK) perubahan tentang pemeriksaan langsung untuk sektor lembaga jasa keuangan non bank (LJKNB). Lewat aturan tersebut, OJK akan mengawasi LJKNB lewat cara pemeriksaan langsung. Draft tersebut sebagai perubahan atas POJK sebelumnya yakni POJK No 11/POJK.05/2014. Perubahan tersebut dilakukan dalam rangka pengawasan. OJK merasa perlu untuk melakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui kondisi faktual LJKNB.

Adapun sektor LJKNB yang akan diperiksa secara langsung antara lain: asuransi, multifinance, dana pensiun, pialang asuransi dan lembaga penjamin. Sementara definisi pemeriksaan langsung yang disebut adalah rangkaian kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah dan mengevaluasi data atau keterangan tentang LJKNB. Pemeriksaan bakal dilakukan di kantor LJKNB.

Draf juga menambahkan tentang frekuensi pemeriksaan langsung. Rinciannya, pemeriksaan langsung bagi perusahaan pialang asuransi, pialang reasuransi, penilai kerugian asuransi ditetapkan OJK paling sedikit satu kali dalam tiga tahun. Kemudian, frekuensi pemeriksaan langsung bagi lembaga penjamin dilakukan paling sedikit satu kali dalam satu tahun. Sementara lingkup pemeriksaan langsung adalah seluruh aspek penyelenggaraan kegiatan usaha LJKNB terhadap aspek tertentu dari kegiatan usaha LJKNB. Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Firdaus Djaelani mengatakan, OJK ingin memastikan bahwa good governance LJKNB bisa setara dengan bank. Ini untuk menjaga ketahanan sektor LJKNB di saat ekonomi tengah lesu.

askrida | Sumber : http://keuangan.kontan.co.id/news/ojk-bakal-periksa-langsung-sektor-ljknb