OJK Dukung Pembentukan Konsorsium Asuransi Kebakaran Lahan

02 Oct 2015, 10:15

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut baik rencana pembentukan konsorsium asuransi untuk membiayai kebakaran lahan yang menimpa beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan. 

Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) II OJK Dumoly F Pardede mengatakan, usulan dari Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam) untuk mengasuransikan kebakaran hutan akan ditindaklanjuti oleh pelaku IKNB.

"Kita OJK sampaikan, gagasan itu (pembentukan asuransi kebakaran hutan) kita sambut dengan baik," kata Dumoly, ketika ditemui di Gedung BEI, Jalan Jend Sudirman, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Nantinya, jelas Dumoly, industri yang bergerak di pertanaman dan perkebunan akan dikenakan pembayaran premi kepada perusahaan asuransi, yang dananya bisa digunakan untuk menanggulangi masalah asap dan kebakaran hutan.

"Nanti dana itu bisa dipakai buat menanggulangi asap dan pencegahan. Sekarang ini tidak ada asuransinya. Nantinya kalau klaim soal itu tanya ke Pak Luhut buat bikin asuransi penanggulangan asap (seperti apa)," jelas dia.

Lebih lanjut Dumoly menekankan konsorsium fuel fund tersebut akan menyalurkan dana untuk mencegah terjadinya perluasan kebakaran hutan, termasuk penanggulangan orang yang terkena penyakit akibat kebakaran.

"Sekarang daerah tidak punya duit buat menanggulangi. Karena memang tidak ada di APBD dan pemerintah pusat juga tidak ada penanggulangan di APBN karena kejadiannya mendadak," pungkasnya.

ABD

Sumber: http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/10/01/175744/ojk-dukung-pembentukan-konsorsium-asuransi-kebakaran-lahan