OJK: Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Untuk Asuransi Dan Pasar Modal Mulai Beroperasi

05 Dec 2015, 07:45

Bisnis.com, JAKARTA -- Dua lembaga alternatif penyelesaian sengketa (LAPS) untuk sektor asuransi dan pasar modal mulai beroperasi sejak 1 Desember 2015.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kusumaningtuti S Soetiono menjelaskan dua LAPS itu adalah Badan Mediasi dan Arbitrase Asuransi Indonesia (BMAI) dan Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia (BAPMI).

"OJK telah mengumumkan 2 LAPS yang sejak 1 Desember 2015 sudah bisa beroperasi," ujarnya di sela-sela seminar Manajemen Pengaduan Sektor Jasa Keuangan Indonesia, Kamis (3/12/2015).

Kusumaningtuti mengungkapkan dua lembaga itu sebenarnya sudah beroperasi, namun hanya melayani mediasi. Dengan izin yang diberikan otoritas, dua LAPS ini dapat melakukan mediasi, ajudikasi dan arbitrasi untuk sektor jasa keuangannya masing-masing.

Seperti diketahui, LAPS menjadi pilihan konsumen jasa keuangan untuk melaksanakan alternative dispute resolution.

Langkah penyelesaian sengketa itu dapat dilakukan jika konsumen merasa internal dispute resolution atau penyelesaian internal yang dilakukan pelaku usaha jasa keuangan tidak memuaskan.

Sumber: http://finansial.bisnis.com/read/20151203/215/498173/ojk-lembaga-alternatif-penyelesaian-sengketa-untuk-asuransi-dan-pasar-modal-mulai-beroperasi