OJK Relaksasi Kewajiban Miliki Aktuaris bagi Asuransi Umum

20 Jan 2016, 10:55

WE Online, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan akan melakukan relaksasi terkait kewajiban industri asuransi umum untuk memiliki aktuaris atau aktuaris tingkat fellow. Regulator menunda kewajiban tersebut selama dua tahun ke depan dari yang seharusnya diberlakukan akhir 2015 kemarin.

"Iya, itu kami kasih relaksasi dua tahun ke depanlah. Jadi mundur ke 2017," ujar Deputi Komisioner Pengawas IKNB OJK Edi Setiadi dalam diskusi mengenai Pembangunan SDM Aktuaria di Industri Asuransi Umum yang digelar di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Edi beralasan pelonggaran ini dilakukan lantaran hingga saat ini jumlah aktuaris di Indonesia belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan industri asuransi umum.

"Berdasarkan laporan yang kami miliki, pada pertengahan tahun lalu perusahaan asuransi umum memiliki lima orang tenaga FSAI (Fellow of the Society of Actuaries of Indonesia), sembilan tenaga associate, dan 11 orang tenaga ahli dengan kualifikasi ajun aktuaris atau tingkat certified non-life analys (CNLA). Ini tentu masih jauh dari kebutuhan tenaga asuransi pada umumnya," jelasnya.

Selain melonggarkan jangka waktunya, OJK juga melonggarkan keberadaan ahli aktuaris yang boleh diisi oleh aktuaris level CNLA, jumlah ujian dan lama pendidikan yang lebih sedikit dibanding menjadi ahli aktuaris. Sementara untuk mempercepat peningkatan ahli aktuaris baru, OJK memfasilitasi kerja sama industri dengan lembaga pendidikan tinggi, termasuk dari luar negeri.

"Hingga akhir 2015 telah dilakukan kunjungan dan seminar di 14 perguruan tinggi di Indonesia guna memperkenalkan profesi aktuaris, baik ke tenaga pengajar maupun para mahasiswa. Program perkuliahan singkat sertifikasi aktuaris diselenggarakan untuk memberikan alternatif perkuliahan bagi masyakat luas untuk dapat jadi ajun aktuaris tanpa mengikuti ujian aktuaris yang diselenggarakan PAI," terang Edi.

Penulis: Fajar Sulaiman

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Sufri Yuliardi

 

Sumber: http://m.wartaekonomi.co.id/berita87463/ojk-relaksasi-kewajiban-miliki-aktuaris-bagi-asuransi-umum.html