OJK terbitkan aturan main bancassurance

09 Sep 2016, 14:31

Aturan pemasaran produk asuransi melalui kerjasama dengan bank alias bancassurance resmi dirilis. Selain soal perizinan, di beleid itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga memperjelas aturan main model bisnis bancassurance. Dalam Surat Edaran (SE) No 32 Tahun 2016 tentang Saluran Pemasaran Produk Asuransi Melalui Kerjasama dengan Bancassurance, OJK menetapkan ada sejumlah model bisnis bancassurance.

Pertama, referensi, artinya bank hanya sebagai referensi dan rekomendasi produk ke calon peserta. Kedua, kerjasama distribusi, yakni bank berperan sebagai pemasar produk asuransi. Ketiga, integrasi produk, yakni produk asuransi yang merupakan gabungan dengan produk bank.

OJK juga menetapkan syarat perusahaan asuransi yang dapat memasarkan produk asuransi melalui bank. Antara lain, memenuhi syarat tingkat kesehatan keuangan dan tidak sedang terkena sanksi administratif. 
Dumoly F. Pardede, Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK menyatakan, proses perizinan bancassurance, akan dipersingkat. "Semua satu pintu ke IKNB OJK," kata Dumoly, Minggu (3/9).

Selama ini pengajuan izin produk yang dijual via bancassurance dilakukan dua kali. Yakni, perusahaan asuransi mendaftar ke IKNB OJK, sedangkan bank mendaftar ke pengawas perbankan OJK. Kini, semua dilakukan satu pintu yakni di IKNB OJK.

RBC 120% 

Sesuai syarat, kerjasama antara perusahaan asuransi dengan bank hanya dapat terwujud apabila perusahaan asuransi dinyatakan memenuhi syarat kesehatan keuangan dan kepatuhan. OJK hanya mengizinkan perusahaan asuransi dengan rasio risk based capital atau RBC sebesar 120% yang bisa menjual produk bancassurance.

Selain perusahaan asuransi, bank yang menjadi mitra banassurance juga wajib mematuhi ketentuan mengenai penerapan manajemen risiko bank. Misalnya, memisahkan risiko yang terkait dengan produk bank dan risiko dari produk asuransi sehingga risiko masing-masing pihak dapat diidentifikasi, diukur, dipantau dan dikendalikan.

askrida | Sumber : keuangan.kontan.co.id