PEMBAYARAN KREDIT: UMKM Ternyata Lebih Patuh

25 Jan 2018, 09:50

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tidak seharusnya diremehkan karena justru kelompok usaha ini yang patuh dalam pelunasan kembali kreditnya.

"Sebenarnya orang itu underestimate sama usaha kecil, padahal sebenarnya usaha kecil itu lebih patuh dari pada [perusahaan-perusahaan] besar itu," kata Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir kepada wartawan di Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Dia mengatakan, realisasi pelunasan kredit usaha rakyat (KUR) oleh kelompok usaha kecil dan mikro sangat menggembirakan, hal tersebut ditunjukkan dengan NPL 0,22%.

"Non performing loan [NPL] yang ditunjukkan untuk penyaluran KUR harus diakui rendah sekali, hanya 0,22%," jelas Iskandar. Ditambah lagi, penyaluran KUR sejauh ini telah mencapai 4 juta debitur.

Iskandar mengatakan, penyaluran KUR dilakukan lebih hati-hati dan bank-bank yang menyalurkan KUR tersebut menggunakan jasa penjamin salah satunya ialah, Jamkrida dan Askrida, sehingga penyeluran kredit jauh lebih aman.

Hingga akhir November 2017, realisasi KUR telah mencapai Rp95,6 triliun atau 89,6% dari target Rp106 triliun.

Iskandar memperkirakan penyaluran KUR hingga 2017 akan mencapai Rp100 triliun, hanya saja pihaknya menunggu data Desember keluar.

"Tahun lalu total [penyaluran KUR] nya Rp94,3 triliun, data sampai Desember [2016], kalo sekarang kita harapkan Rp100 triliun hingga akhir tahun," katanya.

Sumber : finansial.bisnis.com