Pemeringkat

30 Jun 2014, 15:07

Lembaga Keuangan (termasuk asuransi) sangat rawan terhadap ancaman 3 (tiga) jenis risiko besar yaitu risiko industri, risiko bisnis dan risiko finansial.  Setiap perusahaan asuransi harus mampu bertahan dari ancaman risiko tersebut. 

Untuk kepentingan para shareholdersstakeholders dan (terutama) para nasabah, manajemen PT. Asuransi Bangun Askrida (ASKRIDA) senantiasa menginginkan perusahaan memiliki kinerja yang terbaik pada setiap faktor utama kesuksesan (key success factors).  Faktor-faktor utama dimaksud antara lain posisi perusahaan di pasar, daya jangkau jaringan perusahaan untuk merebut pangsa pasar, strategi investasi dana, diversifikasi produk, strategi manajemen dan perusahaan, permodalan, likuiditas, fleksibilitas keuangan, dll.  Guna memastikan seluruh faktor utama kesuksesan tersebut dalam kondisi yang terbaik, maka manajemen ASKRIDA mulai menjalin kerja sama dengan perusahaan pemeringkat (rating) yang ternama, terpercaya dan memiliki reputasi yang diakui secara nasional maupun internasional. 

Pada tahun 2002, ASKRIDA menggandeng PT. Moody’s Indonesia untuk mengevaluasi dan memberi peringkat (rating) bagi ASKRIDA.  Moody’s adalah perusahaan pemeringkat ternama di dunia yang berkantor pusat di New York dengan pengalaman hampir 100 tahun.   Pada kurun waktu 2002-2006, ASKRIDA senantiasa berada di dalam kelompok investment grade dan berhasil meraih peringkat Baa2.id (stable outlook).  Kinerja perusahaan yang terus meningkat sangat baik, membuat peringkat ASKRIDA naik menjadi A3.id (stable outlook) pada tahun 2008.

Dengan maksud untuk meningkatkan keakuratan dan ketelitian analisa terhadap kemampuan perusahaan dalam hal finansial, stabilitas finansial, stabilitas perusahaan ke depan dan tingkat pelayanan kepada nasabah dan lain-lain, maka mulai tahun 2009 ASKRIDA melakukan kerja sama dengan PT. Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) sebagai lembaga pemeringkat.  Dalam menjalankan fungsinya, PEFINDO mengadopsi metodologi dan memperoleh dukungan teknis secara penuh dari lembaga pemeringkat paling kredibel di dunia dengan pengalaman lebih dari 150 tahun : Standard and Poor's (S&P).

Sejak tahun 2009 hingga saat ini, peringkat ASKRIDA senantiasa menunjukkan peningkatan sebagai berikut :

- Tahun 2009 – 2010 : idBBB+ (triple B plus) ; stable outlook

- Tahun 2011 – 2012 : idA- (single A minus) ; stable outlook

- Tahun 2012 – 2013 : idA (single A) ; stable outlook

- Tahun 2013 - 2014 : idA (single A) ; stable outlook

- Tahun 2014 - 2015 : idA+ (single A plus) ; stable outlook

Peringkat idA+ (single A plus) ; stable outlook tersebut menunjukkan bahwa ASKRIDA saat ini merupakan perusahaan yang memiliki keamanan keuangan yang kuat relatif terhadap perusahaan asuransi lainnya di Indonesia.  Tanda plus (+) menunjukkan bahwa peringkat ASKRIDA relatif kuat dan di atas rata-rata kategori yang bersangkutan.