Pemprov Kalsel Tambah Modal Askrida

19 Oct 2017, 11:11

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengatakan penambahan penyertaan modal pemerintah provinsi kepada PT Asuransi Bangun Askrida merupakan kesempatan untuk meningkatkan pendapatan daerah.

“Karena perkembangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut selama ini memberikan keuntungan bagi daerah,’’ kata Sahbirin pada rapat paripurna dewan yang dipimpin Ketua DPRD Kalsel, H Burhanuddin, Kamis (12/10), di Banjarmasin.

Hal tersebut dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Siswansyah menanggapi pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap Raperda tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemprov Kepada PT Asuransi Bangun Askrida.

Karena itu, Kalsel sangat rugi bila tidak mengambil kesempatan, dalam arti kepemilikan saham akan lebih kecil dibandingkan daerah lain, dimana korelasinya dividen yang diterima juga akan kecil.

“Dalam upaya meningkatkan pendapatan daerah melalui jasa usaha keasuransian itu kita menambah penyertaan modal kepada PT Asuransi Bangun Askrida,’’ tegasnya.

Selain itu, penambahan penyertaan modal tersebut merupakan kesepakatan atau hasil rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Asuransi Bangun Askrida yang terdiri atas Pemprov se-Indonesia.

“Berdasarkan kesepakatan pemegang saham PT Asuransi Bangun Askrida itu masing-masing Pemprov menambah penyertaan modal sebesar Rp470 juta pada tahun anggaran 2017,’’ tambahnya.

Namun, dia belum menjelaskan profil BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan berupa asuransi itu, serta kontribusi selama ini terhadap pendapatan daerah Kalsel, kecuali berjanji menyampaikan pada rapat-rapat berikut.

Rapat berikut, yaitu rapat Panitia Khusus (Pansus) yang membahas Raperda tentang Penambahan Penyertaan Modal Pemprov Kepada PT Asuransi Bangun Askrida yang diketuai Muharram dari Komisi II DPRD Kalsel. (lyn/K-7)

Sumber : .kalimantanpost.com/pemprov-kalsel-tambah-modal-askrida