Pemprovsu Tidak Asuransikan Aset Yang Dimiliki

01 Aug 2016, 17:57

Peristiwa terbakarnya gedung kantor dinas pendapatan pemerintah provinsi Sumatera Utara (Pemrovsu) di Medan, beberapa waktu lalu, masih meninggalkan banyak persoalan yang belum terjawab. Salah satunya soal asuransi gedung yang terungkap ternyata tidak terjamin atau tidak ada.

"Saya mendengar dari pihak dinas pendapatan Pemprovsu, bahwa, gedung kantor yang terbakar di jl.sisingamangaraja di Medan, waktu itu, ternyata tidak memiliki jaminan asuransi aset/gedung. Hal ini sungguh konyol, dengan anggaran yang cukup besar yang ada di APBD ternyata Pemprovsu tidak mengalokasikan anggaran asuransi aset untuk jaminan kebakaran maupun kehilangan bagi aset bergerak seperti kendaraan bermotor.

Ini satu temuan yang cukup mengejutkan bagi saya, karena semestinya dengan aset gedung yang banyak saat ini dan aset kendaraan bermotor yang ratusan unit jumlahnya, Pemprovsu melalui SKPD terkait semestinya harus menganggarkan asuransi aset terkait resiko yang tidak terduga, seperti contoh peristiwa kebakaran tersebut," ujar Muhri Fauzi Hafiz, anggota komisi C DPRD provinsi Sumatera Utara, Sabtu, 30/7.

Muhri Fauzi Hafiz juga menambahkan, bahwa jika saat ini banyak aset Pemprovsu yang tidak dijamin asuransi, maka, hal itu satu tindakan tidak profesional. Perusahaan asuransi sangat banyak hari ini yang menjalankan bisnisnya dengan baik. Apalagi salah satu perusahaan asuransi yang terkenal di Indonesia, adalah berbentuk BUMD juga, seperti PT Askrida. 

"Pemprovsu harus melakukan pendataan ulang terhadap semua aset yang dimiliki agar masuk dalam jaminan asuransi, mobil dan kendaraan dinas juga perlu di asuransikan karena semua aset tersebut tidak bisa lepas dari resiko yang ada. Bahkan, dengan menggunakan jasa asuransi, pendataan aset bisa lebih tertib secara administrasi. Tunjuk saja PT Askrida sebagai perusahaan yang bertanggung-jawab dalam menangani asuransi aset ini, sekaligus mendukung BUMD ini, untuk terus berkembang dan maju di daerah," ujar Muhri Fauzi Hafiz mengakhiri. (Ril/BuyaSoraya)

askrida | Sumber : sumutdaily.com/sumut-metro/muhri-fauzi-hafiz-heran-pemprovsu-tidak-asuransikan-aset-yang-dimiliki