Penetapan Aturan Diskon Asuransi Mobil

13 Sep 2016, 09:58

Sejak 2014 lalu, aktivitas usaha perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia sudah diatur dan tunduk pada Regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dibentuk oleh Pemerintah Republik Indonesia. Sehingga perusahaan asuransi tidak bisa semaunya saja dalam menjalankan usahanya dan terutama dalam hal pemberian tarif biaya harga premi. Sekarang ini baru dua jenis polis yang diatur yakni polis asuransi kebakaran Indonesia dan juga polis asuransi kendaraan bermotor Indonesia.

Pengaturan terfokus dalam hal kesamaan atau keseragaman tarif biaya premi yang sudah diatur menurut zona resiko geografis dan peraturan perihal larangan pemberian diskon untuk account new business. Dampak dari larangan pemberian diskon asuransi mobil tersebut berakibat wewenang pemberian diskon beralih pada para agennya yang dapat berikan fasilitas diskon asuransi mobil tersebut dengan menyisihkan sebagian hasil komisi agen yang di sebar kepada calon nasabahnya.

Setelah berjalan 2 tahunan regulasi OJK tersebut nampaknya persaingan pemberian diskon oleh agen asuransi semakin panas dan sengit sampai jumlah angkanya tidak masuk ke logika dengan pemberian diskon dengan habis-habisan hinggai jatah komisi agen tersebut habis atau bisa di bilang Nol. Pemberian diskon asuransi mobil sampai 30%. Tarif diskon yang di pasang adalah 10% untuk Tahun Pertama sampai 20% untuk Tahun Kedua termasuk 10% Diskon No Claim Bonus.

Masih banyak perusahaan asuransi dan beberapa dari mereka melanggar regulasi yang sudah ditetapkan oleh OJK Pada saat proses penjualan beberapa kali masih  ditemukan bahwa ada beberapa perusahaan asuransi yang melanggar aturan OJK perihal pemberian diskon pada Account New Business. Seperti perusahaan asuransi yang tidak saya sebutkan misalnya, memberikan Diskon sampai 12,5% pada Polis Properti All Risk yang sebenarnya menurut OjK maksimal Diskon hanya mencapai 5% itu untuk perpanjangan polis tanpa claim. Dan ada beberapa lagi pelanggaran-pelanggaran yang lainnya yang ditemukan dilapangan.

Setelah membaca artikel ini sebaiknya anda tidak usah mencari-cari bahkan sampai repot mendatangi perusahaan asuransi. Sudah banyak sekarang portal pembanding asuransi secara online yang bisa anda manfaatkan. Selain tidak membuang waktu melalui portal pembanding asuransi anda tidak akan pernah melanggar aturan yang sudah dicanangkan pemerintah. Jadi anda dan pastinya kendaraan anda juga akan tetap aman tanpa harus melanggar hukum yang sudah di atur.

Selain itu portal pembanding asuransi juga mampu membantu anda dalam memilih asuransi yang tepat dan cocok menurut kebutuhan anda. Tentunya juga dengan diskon asuransi mobil yang mampu bersaing dengan harga pasar tanpa harus melanggar peraturan dari pemerintah. Jadi sebaiknya kunjungi terlebih dahulu portal pembanding asuransi terbaik yang ada di Nusantara. Disana anda juga akan mendapat penjelasan mengenai perlindungan apa saja yang akan anda dapatkan.

askrida | Sumber : warungkopi.okezone.com/thread/552151/penetapan-aturan-diskon-asuransi-mobil