Pengaduan Naik, OJK Kebut Satgas Investasi

21 Jul 2016, 08:36

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera meresmikan pembentukan tim satuan tugas (satgas) waspada investasi di seluruh daerah. Rencananya, peresmian dilakukan serentak di kantor-kantor regional OJK pada 25 Juli mendatang. Kepala Kantor OJK Regional 4 Sukamto menyatakan, pihaknya masih menunggu nota kesepahaman tim satgas waspada investasi yang melibatkan OJK, Bank Indonesia, Polri, Kejaksaan Agung, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Pelibatan tujuh lembaga dalam satgas waspada investasi dilakukan karena mayoritas perusahaan yang menawarkan investasi bodong mendapatkan izin selain dari OJK. Karena banyak pintu perizinan, penindakan terhadap perusahaan yang terbukti menawarkan investasi bodong sulit dilakukan. Otonomi daerah juga mempersulit penarikan kasus yang terjadi di daerah ke pusat. Karena itu, OJK di daerah akan menindaklanjuti MoU pembentukan satgas waspada investasi dengan membentuk tim serupa di daerah. ”Kami akan menggandeng kepolisian, kejaksaan, dan gubernur Jatim,” ujar Sukamto.

Percepatan pembentukan tim satgas waspada investasi merupakan upaya menekan jumlah pengaduan investasi bodong. Sebab, motif dan cara pelaku dalam melakukan penipuan investasi semakin beragam. ”Ada koperasi yang menjanjikan untung besar dalam sekejap, juga investasi online yang tidak jelas juntrungannya,” terangnya. Selama ini pengaduan masyarakat disampaikan melalui surat maupun laporan langsung ke kantor OJK. Pada semester pertama lalu, jumlah pengaduan meningkat menjadi 419 aduan. Sektor perbankan masih menjadi objek utama pengaduan. Disusul asuransi, pembiayaan, dan pasar modal.

Masyarakat diharapkan selalu waspada terhadap tawaran investasi. Sebab, OJK hanya berwenang terhadap Lembaga Jasa Keuangan (LJK) yang terdaftar. Investasi bodong di luar produk LJK tidak menjadi tanggung jawab OJK. ”Masyarakat harus memastikan bahwa kegiatan investasinya di LJK diawasi OJK,” pungkasnya.(rin/c5/noe/jpg)

askrida | Sumber : riaupos.co/120921-berita-pengaduan-naik-ojk-kebut-satgas-investasi