Perbedaan Asuransi Kendaraan di Indonesia dengan Luar Negeri

16 Jun 2017, 15:07

Tak dipungkiri jika masyarakat Indonesia hingga saat ini terbilang masih rendah kesadarannya mengenai pentingnya asuransi. Termasuk di dalamnya mengenai urusan asuransi kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor.

Nah, tentu menarik untuk mengetahui apa perbedaan asuransi kendaraan di Indonesia dengan di luar negeri. Jawaban diberikan Erick Nemetz, Chief Operating Officer salah satu perusahaan asuransi di Indonesia dalam kesempatan buka bersama dengan awak media, Kamis kemarin 8 Juli 2017.

Menurut Erick, secara umumnya tidak ada yang membedakan antara asuransi kendaraan di Indonesia dengan di luar negeri. Hanya saja, asuransi kendaraan di luar negeri saat ini sangat fokus untuk ikut menjaga 'pihak ketiga' yang di Indonesia sendiri masih kurang diperhatikan.

"Secara industri kendaraan, di luar negeri maupun di Indonesia sama saja. Yang membedakan mungkin hanya harga reparasi di bengkel-bengkel dan rate harga premi yang juga berbeda," kata Erick.

Beberapa hal lain yang juga membedakan, menurut Erick, adalah persepsi masyarakat Indonesia dan luar negeri yang berbeda. Kesadaran masyarakat di Indonesia mengenai pentingnya asuransi juga masih terbilang rendah, "Lalu juga bentuk tanggung jawab kepada pihak ketiga yang beda," kata Erick.

Menurut Erick, di Indonesia, perlindungan terhadap pihak ketiga juga masih rendah. Sementara itu, di luar negeri sangat tinggi.

"Sebetulnya produk ini (perlindungan pihak ketiga) sangat penting. Karena dalam keseharian ada risiko merugikan orang lain. Kalau mengendarai kendaraan mengenai orang lain, biasanya tidak tercover. Padahal kita diharuskan mengganti. Hal ini yang jarang diberikan perusahaan asuransi," kata Erick.(art)

Sumber : viva.co.id