Perlombaan yang Melegenda Saat 17 Agustus

14 Aug 2017, 13:36

17 Agustus 2017, negara tercinta Republik Indonesia genap berusia 72 tahun. Banyak cara dalam menghormati pahlawan-pahlawan kita yang gugur dalam merebut kemerdekaan. Upacara pengibaran bendera merah putih merupakan salah satu bentuk merayakaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Guna mempererat tali persaudaraan dan persatuan serta memupuk rasa cinta tanah air, banyak perlombaan yang senantiasa menghiasi maraknya hari kemerdekaan.

Sekilas dalam benak Anda mulai bermunculan perlombaan apa saja yang selalu ada dan sangat digemari oleh kalangan masyarakat di Indonesia, dari anak-anak sampai orang dewasa. Mari kita lihat, apakah dibawah ini adalah salah satu jenis perlombaan yang Anda gemari disaat kecil hingga saat ini? :

1. Makan kerupuk

Menghabiskan kerupuk yang tergantung dengan seutas tali, merupakan tujuan perserta agar dapat memenangkan perlombaan ini. Ternyata tidak hanya digantung saja, namun kedua tangan tidak boleh menyentuh atau memegang kerupuk tersebut, bahkan panitia akan memberi sedikit goncangan pada tali tersebut agar kerupuk yang peserta makan akan terguncang/terlepas dengan posisi yang mungkin sudah ada di sekitar mulut atau dalam kondisi tergigit oleh peserta. Kerupuk tersebut  akan melayang-melayang tak tentu arah ke area wajah perserta. Tentu hal ini akan membuat perlombaan ini semakin seru menantang.

2. Panjat pinang

Hadiah untuk peserta telah tergantung mengitari sebuah lingkaran yang terbuat dari bambu dengan poros atau berpusat pada batang pinang. Panjat pinang merupakan perlombaan yang pada umumnya dilakukan oleh kaum lelaki. Dalam perlombaan ini harus memiliki sebuah team sedikitnya 4 sampai 6 peserta, tergantung tingginya batang pinang tersebut, karena peserta harus bekerja sama dalam memanjat batang pinang tersebut, yang bagian tengah sampai ujung batang pinang tersebut dilumuri oleh gemuk (oli yang berbentuk gel), sehingga membuat licin dan sulit untuk dipanjat.

3. Kelereng

Dengan meletakan kelereng pada sebuah sendok dan mengigit batang sendok, lalu berjalan menuju garis akhir yang ditentukan panitia dengan syarat kelereng tidak terjatuh dari ujung sendok, merupakan tujuan peserta menggapai kemenangan. Biasanya perlombaan ini di khususkan untuk anak-anak. Namun tidak jarang orang dewasapun ikut serta mengikuti perlombaan kelereng ini.

4. Lari Bendera

Berlari mengambil satu persatu bendera kecil bertiang sebuah lidi, yang ditancapkan diatas botol tanpa tutup. Peserta harus berlalu dengan jarak beberapa meter dari garis awal menuju garis akhir. Pemenang lari bendera ini ialah peserta yang lebih dulu mengumpulkan sejumlah bendera yang telah ditentukan panitia, biasanya berkisar antara 5 sampai 10 bendera.

5. Joget Jeruk

Perlombaan ini biasanya menjadi favorit bagi para pasangan, biasanya banyak di ikuti suami dan istri. Cara bermainnya pun sangat sederhana, yaitu dengan mengencet jeruk diatas jidat atau kening lalu bergoyang sesuai dengan irama musik yang diputar oleh panitia. Pasangan yang berhasil bergoyang tanpa menjatuhkan jeruk tersebut terlama dari pasangan lainya ialah pemenangnya.

Demikianlah perlombaan-perlombaan yang selalu menghiasi peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga dengan adanya perlombaan tersebut semakin memperkuat tali persaudaraan, persatuan dan cinta tanah air kita terhadap Negara Tercinta Indonesia. *ap