Pertumbuhan Industri Asuransi Umum Melambat

03 Oct 2016, 09:02

MEDAN – Kondisi perekonomian Indonesia yang masih melemah turut berdampak kepada perlambatan pertumbuhan industri asuransi umum. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pertumbuhan pada 2015 lalu hanya 15 persen sedangkan 2014 mencapai sekitar 19 persen. “Sebenarnya tidak menurun, tetap naik, tapi mengalami perlambatan. Pertumbuhannya per tahun di tahun terakhir ini paling hanya 10 persen saja dengan pertumbuhan premi 2015 sekitar 6–7 persen yang sebelumnya 7–9 persen,” kata Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor.

Julian Noor menyebutkan, meskipun itu data nasional, kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Jakarta. Rata-rata di semua daerah termasuk di Sumatera Utara (Sumut) juga mengalami hal serupa. Salah satu yang pertumbuhannya mengalami perlambatan adalah asuransi kendaraan bermotor. Kalau tahun lalu, premi pada semester I mengalami pertumbuhan 7,0 persen, tahun ini malah minus 8,5 persen. “Sementara kendaraan bermotor salah satu tulang punggung bisnis asuransi umum. Jadi, lambatnya pertumbuhan industri asuransi umum merupakan dampak dari melemahnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini.

Tentu ini jadi tantangan tersendiri bagi industri asuransi umum,” ujarnya. Namun begitu, lanjutnya, para pekerja di industri asuransi umum diharapkan tidak pesimistis. Untuk keluar dari persoalan ini, hal yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan proses seleksi setiap risiko yang masuk. Jangan sampai pihak asuransi umum merugi karena jumlah klaim lebih tinggi dibandingkan jumlah premi yang rendah. “Jadi risiko yang masuk itu dilihat dulu, apakah risikonya tinggi, sedang, atau rendah. Kami pilihannya memang pada risiko yang sedang, kalau yang tinggi kami hindari.

Hampir sama dengan kreditlah. Kalau kemungkinan macet, harus dihindari kemacetannya,” ujarnya. Wakil Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cabang Medan Mulyanto mengapresiasi seminar yang diselenggarakan AAUI ini karena dapat menambah wawasan para pekerja industri asuransi umum. Apalagi, saat ini sedang memasuki era pasar bebas. “Sesama industri asuransi umum harus kompak untuk menghadapi persaingan dari industri atau institusi luar negeri,” ucapnya.
(dni)

askrida | Sumber : economy.okezone.com/read/2016/09/24/320/1497659/pertumbuhan-industri-asuransi-umum-melambat