Pertuni Asuransikan Rumah Anggota Terdampak Gempa Lombok

19 Sep 2018, 13:24

Dampak gempa Lombok selain menyisakan korban meninggal dunia juga membuat kerugian material cukup besar dimana termasuk di dalamnya anggota Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Mereka yang terdampak gempa itu jumlahnya cukup banyak.

Melihat kondisi para anggotanya itu, Pertuni tidak tinggal diam. Selain banyaknya rumah para anggota yang roboh, mereka juga terdampak secara psikologis. Hingga mematikan usaha mata pencaharian mereka.

Sebagaimana diketahui anggota Pertuni di Lombok Utara banyak menekuni berbagai bidang usaha seperti berdagang, jasa pijat, kerajinan dan lainnya.

Karena itu Pertuni bekerjasama dengan TNI membangunkan 28 rumah anggota Pertuni Lombok Utara yang terdampak gempa Lombok.

“Tidak itu saja, pembangunan rumah tersebut juga diasuransikan melalui Asuransi Property All Risks (PAR) sebagai bentuk kepedulian Pertuni bagi para anggotanya yang tengah dilanda musibah,” terang Ketua Dewan Pembina Pertuni, Muhammad Hasan di Gondang, Lombok Utara, Jumat (31/8).

Menurutnya, jenis asuransi dimaksud yakni PAR Including Gempa dengan obyek pertanggungan sebanyak 28 unit rumah tinggal. Adapun nilai pertanggungan per unit untuk bangunan sebesar Rp. 150 juta dan contets senilai Rp. 25 juta. “Total keseluruhannya sebesar Rp. 175 juta,” jelas Muhammad Hasan yang lebih dikenal dengan nama Bob Hasan ini.

Bob Hasan merinci coverage atau luas jaminannya berupa kebakaran, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan, huru-hara, angin topan, badai, banjir, pencurian dengankekerasan, perampokan.

Selain itu ada gempa bumi, gunung meletus dan tsunami. Periode asuransi dari 1 Oktober 2018 sampai 1 Oktober 2019 atau setahun.

“Saya berharap dengan jaminan asuransi pembangunan rumah yang kita berikan kepada korban terdampak gempa anggota Pertuni ini bisa meringankan kesusahan para anggota. Semangat optimis harus tetap dijunjung tinggi untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,” kata Bob Hasan.

Agus Riadi, salah seorang anggota Pertuni Lombok Utara mengaku bersyukur atas bantuan dari Pertuni ini.

“Saya berjanji untuk mengajak rekan lainnya untuk bisa memanfaatkan dengan baik bantuan dari Pertuni ini. Dan kami juga berharap agar Pertuni bisa memfasilitasi permodalan usaha bagi kami para anggota yang terkena musibah ini,” kata Agus.

Sumber : gatra.com/rubrik/nasional/341307-Pertuni-Asuransikan-Rumah-Anggota-Terdampak-Gempa-Lombok