Perusahaan-Perusahaan Indonesia Mesti Segera Beradaptasi Dan Bertransformasi (2)

02 Apr 2018, 08:30

Apa saja sektor bisnis yang 1-2 tahun kedepan akan tumbuh baik?

Saya sejalan dengan pandangan BPS. Ada beberapa sektor yang pertumbuhannya akan berlanjut, contohnya konstruksi dan infrastruktur. Bisnis asuransi juga akan tumbuh. Maklum tingkat literasi finansial masyarakat Indonesia masih rendah, jadi dari segi keuangan seperti asuransi bisa tumbuh. Demikian juga sektor informasi dan komunikasi, akan berlanjut tumbuh cukup tinggi.

Apa saja peluang-peluang bisnis baru yang bisa digarap ?

Bisnis untuk ceruk-ceruk baru bisa digarap dengan pola online startup. Kita sedang berada dalam masa transisi dari ekonomi tradisional menjadi ekonomi data. Ekonomi yang berdasarkan shared economy akan meningkat pesat dibanding yangberdasarkan basis produksi seperti sektor manufaktur. Jasa disini termasuk transportasi, keuangan, dan travelling. Peluang baru bisa dilihat dari pergeseran pola konsumsi di masyarakat.

Dari sektor keuangan, apa saja inovasi model pengelolaan keuangan yang bisa diterapkan?

Inovasi terbaru adalah munculnya fintech company, crowd funding, dan sejenisnya. Bank harus bisa melihat tantangan di area tersebut dan mesti bisa melihat apa yang diinginkan konsumen. Mengapa fintech tumbuh, karena banyak keinginan konsumen yang bisa terpenuhi oleh bank konvensonal. Untuk itu harus melihat model bisnisnya apakah ada yang perlu diubah.

Bagaimana dengan strategi PWC sendiri?

Kami juga berusaha beradaptasi. Dari sisi internal, secara proses kami harus lebih efisien, menerapkan teknologi, menerapkan servis yang lebih relevan ke consumer. Juga menyelaraskan dengan fokus pemerintah yang banyak mengembangkan infrastruktur. Dari segi sumber daya, kami juga menjaga organisasi dan bidang konsultan ini tetap terlihat atraktif bagi generasi muda. Contohnya melalui penerapan teknologi mobility. Kami menerapkan teknologi komunikasi dengan klien dan komunikasi internal. Sekarang lebih paperless dan akan segera dikembangkan sistem berbasis cloud. Sudarmadi & Yosa Maulana

Sumber : swa.co.id/swa/trends/management/perusahaan-perusahaan-indonesia-mesti-segera-beradaptasi-dan-bertransformasi