Pilihlah Asuransi Rumah dengan Bijak

22 Feb 2016, 07:15

JAKARTA - Asuransi rumah memang tidak murah, tapi akan sangat membantu ketika sesuatu yang buruk terjadi. Misalnya, kebakaran atau banjir.

Selain itu, asuransi rumah juga penting saat Anda mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR) ke bank. Agar Anda mendapatkan layanan dan perlindungan maksimal, perhatikan hal-hal berikut saat memilih asuransi untuk rumah Anda, sebagaimana dilansir dari Rumah123.com

1. Pilih perusahaan asuransi yang tepercaya.

Carilah info sebanyak-banyaknya mengenai asuransi yang tepecaya. Kamu bisa bertanya pada temanmu apabila ada di antara mereka yang bekerja di bidang properti.

Perusahaan asuransi biasanya bekerja dengan perusahaan reinsurance. Perusahaan reisurance berperan sebagai penjamin bagi perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi tepercaya, biasanya memakai perusahaan reinsurance yang juga berkualitas. Perusahaan reinsurance inilah yang bertanggung jawab pada klaim kamu nantinya.

 

2. Pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Semakin besar premi, kian tinggi juga tingkat perlindungan yang akan kamu dapatkan. Kalau kamu punya cukup dana, pilihlah paket asuransi yang tertinggi.

Jika kamu tidak memiliki dana sebanyak itu, pilihlah paket asuransi yang benar-benar memberikan perlindungan sesuai kebutuhan. Misalnya, kalau tempatmu tinggal bebas banjir, maka tidak perlu memasukan klausul perlindungan banjir ke dalam paket asuransi.

3. Perhatikan pengecualian dalam kontrak.

Perusahaan asuransi tentunya tidak akan menutup segala klaim yang kamu buat. Biasanya, asuransi tidak akan menutup kebakaran yang terjadi karena kesengajaan atau bencana tanah longsor.

Maka perhatikanlah bagian pengecualian kontrak asuransimu. Pilihlah kontrak yang luas. Jangan sampai kontrak asuransimu malah membuatmu tak mendapatkan apa-apa.

4. Pilih prosedur klaim yang mudah.

Sebagai pemegang polis, kamu pasti tak mau prosedur klaim yang berbelit-belit. Pelajari prosedur klaim perusahaan asuransi yang akan kamu pilih.

Selain bertanya pada agen asuransi, kamu pun bisa bertanya pada teman yang telah memiliki pengalaman mengurus klaim dengan perusahaan asuransi.

(rhs)
Sumber: http://economy.okezone.com/read/2016/02/20/470/1317053/pilihlah-asuransi-rumah-dengan-bijak