Politik Ekonomi Indonesia Pengaruhi Hasil Investasi

27 Mar 2019, 16:59

Menurut Ketua Bersama AAJI Albertus Wiroyo Karsono, tantangan tahun ini adalah berlanjutnya ketidakpastian ekonomi global serta perang dagang antara AS dan Tiongkok yang bisa berpengaruh ke Indonesia.

Di internal, kata dia, politik ekonomi Indonesia juga bisa mendorong investor dan masyarakat bersikap wait and see serta memengaruhi hasil investasi asuransi jiwa. "Makanya ketidakpastian ekonomi menjadi risiko yang patut diantisipasi perusahaan asuransi jiwa," ujar dia.

Untuk peluang, Wiroyo menjelaskan, karena penetrasi asuransi masih rendah, perusahaan asuransi diharapkan mulai menyasar generasi milenial agar mereka mulai berasuransi. Kemudian, dari sisi kelas ekonominya, perusahaan asuransi jiwa diharapkan memperluas pelayanannya di luar kota besar.

"Produk tradisional bisa meningkat, unit linked memang bagus, tapi nilai asuransinya akan berkurang bagi nasabah. Ke depan, produk tradisional bisa didorong kembali karena nasabah dapat kepastian nilai preminya," tutur dia.

Di sisi bisnis pembiayaan, Direktur Utama salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia, Arya Suprihadi memaparkan, selain mendisrupsi, maraknya perusahaan fintech membuka peluang bagi multifinance untuk berkolaborasi. “Selain itu, perusahaan pembiayaan berpeluang menyalurkan pembiayaan secara lebih luas, seperti dana tunai, factoring, dealer financing, dan servicing,” ucap dia.

Arya menambahkan, digitalisasi juga membuka potensi bagi perluasan pasar dan kecepatan proses. “Berbagai multifinance telah mengeluarkan aplikasi mobile tahun lalu. Tahun ini mulai merambah ke fasilitas chatbot," ujar dia.

Menurut Arya, berkaitan dengan tantangan, industri pembiayaan dianggap memiliki risiko tinggi, sehingga perbankan atau institusi lender sangat selektif memberikan pembiayaan untuk multifinance. Tantangan lainnya yaitu bencana alam yang dapat berdampak pada risiko di suatu daerah serta potensi pembiayaan macet multifinance yang mencapai Rp 368 miliar. (*)

Sumber : id.beritasatu.com/home/politik-ekonomi-indonesia-pengaruhi-hasil-investasi/186642