Premi Asuransi Kecelakaan PRT Asing di Singapura akan Naik Mulai 1 Oktober 2017

10 May 2017, 15:22

Di bawah peraturan baru yang dimulai pada 1 Oktober mendatang, majikan harus memberikan pertanggungan asuransi yang lebih baik untuk Pekerja Rumah Tangga (PRT) asing. Majikan diharuskan membeli polis asuransi kecelakaan diri dengan cakupan minimal $ 60.000, naik dari nominal saat ini $ 40.000.

Hal tersebut diumumkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Singapura, Sam Tan, dalam perayaan May Day yang diselenggarakan oleh organisasi buruh, pada Minggu (7/5/2027), yang bersamaan pula dengan penyempurnaan persyaratan asuransi kecelakaan pribadi lainnya untuk para PRT.

Sebagai hasil dari kenaikan cakupan sebesar $ 20.000, premi asuransi tahunan diperkirakan akan naik antara $ 7 dan $ 15.Di bawah peraturan baru, cakupan di perusahaan asuransi juga akan distandarisasi untuk memastikan bahwa semua pekerja menerima perlindungan yang sama selama masa kerja di Singapura.

Perusahaan asuransi yang berbeda saat ini memberikan cakupan yang berbeda untuk asuransi kecelakaan diri, dengan beberapa uraian definisi kecelakaan yang lebih sempit dan memberikan pengecualian lebih banyak.

Ini berarti, beberapa pekerja asing menerima kompensasi atas kecelakaan tertentu, sementara yang lain tidak meskipun keadaan dan luka-luka itu tetap sama.

Dari tanggal 1 Oktober nanti, Kementerian Tenaga Kerja (Depnakertrans) akan menetapkan bahwa asuransi kecelakaan diri untuk para PRT harus mencakup kejadian yang tiba-tiba, tak terduga dan yang mengakibatkan cacat tetap atau kematian.

Sebagaimana dilansir Straits Times, Minggu (7/5), Mr Tan mengatakan, perusahaan asuransi juga tidak dapat memaksakan klausul pengecualian apapun, selain yang ditentukan oleh MOM.

Perubahan lain pada peraturan akan memperjelas periode penutupan asuransi untuk pekerja rumah tangga, dari tanggal dia tiba di Singapura sampai tanggal dia kembali ke negaranya pada akhir kontrak kerja. Jika pekerja pindah majikan, cakupan asuransi yang ada seharusnya sampai hari ijin kerja baru dikeluarkan dan memastikan transisi yang lancar.

Untuk mempercepat proses kompensasi, pekerja dan perwakilan hukum mereka dapat mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi, jangan mengandalkan atasan mereka untuk melakukannya atas nama pekerja. Jika mereka tidak dapat melakukannya, perwakilan yang ditunjuk oleh MOM juga dapat bertindak atas nama pekerja.

Saat mengumumkan perubahan ini, Mr Tan mencatat bahwa pemerintah Singapura terakhir meninjau perlindungan kecelakaan pribadi untuk para PRT asing pada tahun 2008.

Ia mengatakan, the Centre for Domestic Employees (CDE) -- yang dibentuk oleh Kongres Serikat Perdagangan Nasional pada tahun 2016 -- telah meminta pemerintah untuk melakukan review atas gaji pekerja rumah tangga, karena biaya hidup di negara asal mereka telah meningkat sejak saat itu.

Lebih lanjut Mr Tan mengatakan, bahwa tingkat perlindungan saat ini tidak lagi memadai jika terjadi kecelakaan dan pekerja rumah tangga asing tidak dapat lagi menafkahi keluarganya.

Menurutnya, perubahan tersebut akan membantu majikan melindungi pekerja mereka dengan lebih baik dengan sedikit peningkatan premi, dan memberi ketenangan pada pekerja.

Sementara itu, ketua CDE pusat, Yeo Guat Kwang, mengatakan telah mencatat bahwa Depkes yang memperhatikan seruan mereka untuk menaikkan cakupan minimum, tercatat gaji awal PRT meningkat dari rata-rata $ 300 di tahun 2012 menjadi sekitar $ 550 pada tahun 2016.

CDE pusat juga mendesak pemerintah untuk mempertimbangkan meningkatkan cakupan asuransi medis senilai $ 15.000, yang tetap tidak berubah sejak tahun 2009.

Ada lebih dari 230.000 PRT asing yang bekerja di Singapura. Pemerintah telah semakin meningkatkan peraturan untuk melindungi PRT dengan lebih baik.

Pada tahun 1997, wajib bagi majikan untuk membeli asuransi kecelakaan diri minimal $ 10.000 untuk pekerja asing mereka. Ini dinaikkan menjadi $ 40.000 di tahun 2008.

Aturan baru mulai berlaku pada tanggal 1 Oktober, dan majikan harus membeli polis asuransi kecelakaan diri dengan persyaratan baru saat mereka menerapkan atau memperbarui izin kerja sejak tanggal tersebut.

Rincian lebih lanjut tentang perubahan akan dikirim ke agency dan informasi lebih lanjut akan tersedia di situs web MOM. (YLA, 08/05)

Sumber : liputanbmi.com/baca/2110/premi-asuransi-kecelakaan-prt-asing-di-singapura-akan-naik-mulai-1-oktober-2017