Prospek Pertumbuhan Industri Asuransi Tahun Ini Masih Positif

02 Jun 2016, 16:50

Firma Pricewaterhouse Coopers (PwC) Indonesua dalam survei terbarunya menyatakan, para eksekutif asuransi di Indonesia memprediksi pertumbuhan industri asuransi di Indonesia masih positif di tahun 2016.
Sebagian besar menganggap pertumbuhan ekonomi akan berlanjut atau bahkan meningkat.

"Pendapat tentang pertumbuhan masih optimis, meskipun baru-baru ini ekonomi mengalami perlambatan dan pasar investasi mengalami masa sulit pada tahun 2015," kata David Wake, Financial Services Leader PwC Indonesia pada acara Indonesia Insurance Executive Forum 2016 di Fairmont Hotel Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Dalam survei bertajuk Indonesia Insurance Survey 2016, PwC menemukan bahwa para eksekutif asuransi memandang Indonesia sebagai pasar paling menarik di Asia Tenggara. Hampir semua responden merasa pasar Indonesia sangat atraktif, disebabkan lemahnya penetrasi pasar dan luas negara yang amat luas.

"Meningkatkan pemahaman pasar dan regulasi dipandang sebagai isu kunci untuk pasar Indonesia secara keseluruhan," tulis PwC dalam laporannya. Adapun fokus utama dalam kinerja finansial asuransi adalah pertumbuhan.

50 persen responden memperkirakan pertumbuhan akan melesat hingga 20 persen dan hanya 16 persen responden yang memprediksi pertumbuhan turun di bawah 10 persen. Ekspektasi tersebut amat tinggi pada sektor asuransi jiwa, di mana 88 persen responden memprediksi pertumbuhan bisa mencapai 15 persen atau lebih.

Namun, belum jelas bagaimana para responden mendefinisikan pertumbuhan, apakah dalam hal premi baru atau eksisting. Survei ini adalah survei pertama yang digelar PwC untuk memetakan industri asuransi. Para responden adalah eksekutif perusahaan asuransi di Indonesia dengan fokus pada tiga aspek utama, yakni responden diminta menjelaskan prospek pertumbuhan, ekonomi, dan tantangan dalam mewujudkan pertumbuhan.

Kemudian, responden diminta berkomentar soal risiko utama yang dihadapi industri dan persepsi kesiapan perusahaan mereka dan industri secara keseluruhan untuk menghadapi risiko itu. Pun mereka diminta berpendapat soal peraturan dan perkiraan bertambahnya regulasi tahun ini.

Askrida | Sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/05/31/111001826/prospek.pertumbuhan.industri.asuransi.tahun.ini.masih.positif