Proteksi Ancaman Kejahatan Siber di Era Digital

Proteksi Ancaman Kejahatan Siber di Era Digital

13 Aug 2019, 13:07
Proteksi Ancaman Kejahatan Siber di Era Digital

Sebelum membaca kliping berita ini setidaknya anda sudah membaca halaman berita yang berjudul menyingkapi ancaman dan proteksi kejahatan siber di era digital.

Irvan Rahardjo, Analis Senior Bidang Perasuransian dan Arbiter Badan Mediasi & Arbitrase Asuransi Indonesia menambahkan, bahwa bagi sebagian masyarakat Indonesia, jika bicara risiko, maka dianggap sesuatu yang abstrak dan tidak bisa dipahami sehari-hari. Buktinya, untuk asuransi umum (jiwa atau harta benda), Indonesia tertinggal dalam penetrasi dan densitas asuransi. Belanja asuransi hanya 1,73 persen PDB untuk penetrasi, sedangkan densitasnya 57,9 USD per kapita (Sumber data Stigma World Insurance 2015). “Belanja dan klaim asuransi kita paling banyak di properti dan kendaraan bermotor. Jadi belanja asuransi siber masih belum ada data statistik di Indonesia,” ujarnya.

Padahal prevalensi kejahatan siber di dunia bisnis global sudah cukup dikatakan sebagai ancaman. Misalnya saja di tahun 2018, ada 545.231 ransomware yang terdeteksi. Ransomware adalah malware atau software jahat yang memiliki tujuan memblokir data korban sehingga korban terpaksa membayar uang tebusan. Beberapa waktu lalu, ransomware Wannacry sempat menghebohkan dunia karena berhasil menginfeksi berbagai perusahaan di dunia dan menyebabkan kerugian yang tak sedikit.

Belum lagi kejahatan phishing yang menduduki peringkat pertama di dunia. Menurut Irvan, setidaknya ada 5 industri yang paling berisiko mengalami serangan siber, yaitu phamaceutikal, perusahaan retail, logistik atau pengiriman, konstruksi, dan teknologi.

Sayangnya kebanyakan perusahan melakukan mitigasi terhadap kejahatan siber adalah dengan meningkatkan human capital atau investasi teknologi agar terlindung dari serangan kedua kalinya. Hanya 14 persen biaya untuk berinvestasi pada asuransi,” sebut Irvan.

Untuk membaca kelanjutannya silahkan menuju kliping berita manfaat asuransi siber di era digital.

Sumber : industri.kontan.co.id/news/menyingkap-ancaman-dan-proteksi-kejahatan-siber-di-era-digital